Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Puskesmas Cikarang Kabupaten Bekasi Tahun 2023
Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pasien Bpjs Di Puskesmas Cikarang Kabupaten Bekasi Tahun 2023
Afif Wahyudi Hidayat
Lyliana Endang Setianingsih
Ice Marini
Universitas Medika Suherman
Abstrak
Berdasarkan mutu pelayanan kesehatan sangat
dipengaruhi oleh proses pemberian pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan
puskesmas belum memberikan kepuasan terhadap pasien dan masyarakat. Tujuan
mengetahui pengaruh mutu pelayanan dengan kepuasan pasien layanan BPJS di
Puskesmas Cikarang. Jenis penelitian kuantitatif desain analitik observasional rancangancross
sectional. Sampel berjumlah 142 orang dengan tehnik sampling accidental
sampling. Data dianalisis dengan uji chi square dan hasil kemudian dilanjutkan
analisis multivariate dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada hubunganmutu pelayanan administrasi dengan kepuasan pasien dengan
nilai p value = 0.001 < 0.05, ada hubungan mutu pelayanan perawat dengan
kepuasan pasien dengan nilai p value = 0.017 < 0.05, ada hubungan mutu pelayanan
obat dengan kepuasan pasien dengan nilai p value = 0.003 < 0.05, ada hubungan
mutu sarana dan prasarana dengan kepuasan pasien dengan p value = 0.001 <
0.05. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelayanan administrasi dan sarana
prasarana paling memengaruhi kepuasan pasien BPJS.
Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien
Sumber publikasi Innovative: Journal of Social Science
Research: Vol. 3 No. 5 (2023)
Komentar
Posting Komentar