Efektivitas Penerapan Media Audio Visual terhadap Pengaruh Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Sekolah Dasar
Efektivitas Penerapan Media Audio Visual terhadap
Pengaruh Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Sekolah Dasar
Munisatul Munawwaroh
Muhammad Khoirul Amirullah
Muhammad Azmi Ubaidillah Alfani
Khoirun Nisa'
Nusrotus Sa'idah
Universitas Islam Nahdlatul ‘Ulama Jepara, Indonesia
Abstrak
Penggunaan
bahan ajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses
pembelajaran. Ketersediaan media
pembelajaran sebagai jembatan interaksi siswa dengan materi terbuka mungkin
dapat membantu ketidakjelasan isi. Media yang menggunakan komponen suara dan visual
untuk membantu pemahaman siswa disebut media audio visual. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual pada siswa
sekolah dasar usia 6 sampai 8 tahun di kelas 1-3, yang termotivasi mengikuti
pendidikan agama Islam. Penelitian kuantitatif
dengan menggunakan teknik eksperimen semu (quasi-experimental) merupakan
metodologi yang digunakan. Desain pretest-posttest dengan satu kelompok
digunakan dalam penelitian ini. Dua puluh anak usia sekolah dasar, yang terbagi
antara Madrasah Ibtidaiyah dan kelas 1-3 sekolah dasar, dijadikan sebagai
subjek penelitian. Ho disetujui sedangkan Ha ditolak berdasarkan temuan uji t
sampel berpasangan yang menunjukkan nilai p (0,577) lebih besar dari 0,05. Hal
ini menunjukkan bahwa terdapat sedikit variasi yang terlihat pada skor
rata-rata yang diperoleh sebelum dan sesudah menonton video pembelajaran
tentang rukunimandan Islam.Temuan penelitian ini menjadi kelanjutan bagi
peneliti untuk mengimplementasikan media audiovisualdengan maksimal dan
pengambilan sampel penelitian lebih luas sehingga dapat merepresentasikan
hasil.
Kata
Kunci: Media, Audio-Visual, Pendidikan, Motivasi
Sumber publikasi Jurnal Basicedu: Volume 8 Nomor 1 Tahun 2024
Komentar
Posting Komentar