Persepsi Pasien Poli KIA tentang Mutu Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak

 

Persepsi Pasien Poli KIA tentang Mutu Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak

 

Ice Marini

Anom Dwi Prakoso

Emmelia Kristina Hutagaol

Universitas Medika Suherman

 

Abstrak

 

Latar Belakang: Kematian ibu masih menjadi masalah yang sering terjadi di beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi, sehingga diperlukan pembinaan dan monitoring pada setiap Puskesmas. Selain itu, penguatan pelayanan kesehatan diperlukan agar semua bermutu pada pelayanan tingkat primer yang merupakan tujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat.  Tujuan:  untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan KIA terhadap pemanfaatan pelayanan KIA. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross secsional study. Pengumpulan data melalui kuesioner dan dianalisis secara uji chi square. Hasil: Hasil Bivariat tidak ada hubungan pendidikan (p=0,773), pekerjaan (p=1,000), Asuransi (p=0,576), daya tanggap (p=0,538), jaminan (p=0,374), biaya (p=0,383), namun ada hubungan kehandalan (p=0,002), bukti fisik (p=0,013), empati (p=0,000) dengan pemanfaatan pelayanan KIA. Analisis multivariat didapatkan model akhir variabel empati nilai OR 10,9 (95% CI: 2,8 –42,6). Kesimpulan: ada hubungan antara kehandalan, bukti fisik dan empati terhadap pemanfaatan pelayanan KIA. Variabel empati merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap pemanfaatan pelayanan KIA.

 

Kata Kunci: Mutu, Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Pemanfaatan

 

Sumber publikasi INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 5 Tahun 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan