Persepsi Pasien Poli KIA tentang Mutu Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak
Persepsi
Pasien Poli KIA tentang Mutu Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan
Ibu dan Anak
Ice Marini
Anom Dwi Prakoso
Emmelia Kristina Hutagaol
Universitas Medika Suherman
Abstrak
Latar Belakang: Kematian ibu masih menjadi masalah
yang sering terjadi di beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi, sehingga
diperlukan pembinaan dan monitoring pada setiap Puskesmas. Selain itu,
penguatan pelayanan kesehatan diperlukan agar semua bermutu pada pelayanan
tingkat primer yang merupakan tujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat. Tujuan:
untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan KIA
terhadap pemanfaatan pelayanan KIA. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross
secsional study. Pengumpulan data melalui kuesioner dan dianalisis secara uji chi
square. Hasil: Hasil Bivariat tidak ada hubungan pendidikan (p=0,773),
pekerjaan (p=1,000), Asuransi (p=0,576), daya tanggap (p=0,538), jaminan
(p=0,374), biaya (p=0,383), namun ada hubungan kehandalan (p=0,002), bukti fisik
(p=0,013), empati (p=0,000) dengan pemanfaatan pelayanan KIA. Analisis
multivariat didapatkan model akhir variabel empati nilai OR 10,9 (95% CI: 2,8
–42,6). Kesimpulan: ada hubungan antara kehandalan, bukti fisik dan empati
terhadap pemanfaatan pelayanan KIA. Variabel empati merupakan variabel yang
paling dominan berpengaruh terhadap pemanfaatan pelayanan KIA.
Kata Kunci: Mutu, Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak,
Pemanfaatan
Sumber
publikasi INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 5 Tahun
2023
Komentar
Posting Komentar