ASPEK TANGGUNG JAWAB HUKUM RUMAH SAKIT TERHADAP PELAYANAN MEDIS (Jurnal )

ASPEK TANGGUNG JAWAB HUKUM RUMAH SAKIT TERHADAP PELAYANAN MEDIS (Jurnal )

Jurnal
ASPEK TANGGUNG JAWAB HUKUM
RUMAH SAKIT TERHADAP PELAYANAN MEDIS
ABSTRAK
      Penulisan   Skripsi    ini    bertujuan    untuk mengetahui   bagaimana   tanggung   jawab hukum  Rumah  Sakit  terhadap  pelayanan paramedis  yang  tidak  sesuai  standar  dan bagaimana    tindakan    hukum    terhadap rumah  sakit  dalam  pelayanan  paramedis yang    tidak   sesuai   standar. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi  ini  adalah   menggunakan  metode penelitian yuridis normatif sehingga dapat disimpulkan,  bahwa  :   
1.  Tanggung  jawab hukum  Rumah  Sakit  meliputi  tiga  aspek yaitu hukum perdata, hukum   administrasi dan    hukum    pidana.    Dari    sisi    hukum perdata, pertanggungjawaban rumah  sakit terkait   dengan   hubungan   hukum   yang timbul  antara  pasien  dengan  rumah  sakit dalam  pelayanan   kesehatan   di   rumah sakit.Pertanggungjawaban rumah sakit dari aspek     hukum    administratif     berkaitan dengan     kewajiban     atau     persyaratan administratif   yang   harus  dipenuhi   oleh rumah         sakit         khususnya         untuk mempekerjakan tenaga kesehatan di rumah sakit     Pertanggungjawaban    dari     aspek hukum  pidana  terjadi  jika  kerugian  yang ditimbulkan  atas  kelalaian  yang  dilakukan oleh    tenaga    medis    di    rumah     sakit memenuhi tiga unsur. 
2. Tindakan Hukum dari segi administratif jika rumah sakit tidak memenuhi   kewajiban   atau  persyaratan administratif  tersebut,  maka  berdasarkan Pasal 46 UU RS, rumah sakit dapat dijatuhi sanksi administratif  berupa  teguran, teguran   tertulis,   tidak   diperpanjang   izin operasional,  dan/atau   denda dan pencabutan   izin . Sedangkan dari segi pidana jika kerugian yang ditimbulkan atas kelalaian yang dilakukan oleh tenaga medis di rumah sakit memenuhi tiga unsur. Ketiga unsur tersebut  adalah  adanya  kesalahan dan perbuatan melawan hukum serta unsur lainya   yang tercantum  dalam  ketentuan pidana yang bersangkutan. Kata    kunci:    Tanggung    jawab   hukum, pelayanan medis.
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
  Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan  salah  satu  unsur  kesejahteraan  yang harus diwujudkan  sesuai  dengan  cita-cita bangsa  Indonesia  sebagaimana  dimaksud dalam  Pancasila dan  Pembukaan Undang- Undang  Dasar  Negara  Republik  Indonesia Tahun    1945,    oleh   karena  itu,   setiap kegiatan  dan  upaya  untuk  meningkatkan derajat      kesehatan      masyarakat    yang setinggi-tingginya dilaksanakan berdasarkan prinsip nondiskriminatif, partisipatif perlindungan dan berkelanjutan yang sangat penting  artinya bagi  pembentukan  sumber daya manusia Indonesia,    peningkatan    ketahanan    dan daya   saing   bangsa,   serta   pembangunan nasional.
   Sejalan dengan amanat Pasal 28 H ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia   Tahun   1945   telah   ditegaskan bahwa  setiap  orang  berhak  memperoleh pelayanan   kesehatan,   kemudian   dalam Pasal    34    ayat    (3)    dinyatakan    negara bertanggung     jawab     atas   penyediaan fasilitas  pelayanan  kesehatan dan  fasilitas pelayanan umum yang layak.  Rumah Sakit sebagai    salah    satu    fasilitas    pelayanan kesehatan merupakan bagian dari  sumber daya  kesehatan  yang   sangat   diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan.   Penyelenggaraan    pelayanan kesehatan   di   rumah   sakit   mempunyai karakteristik  dan organisasi  yang  sangat kompleks. Berbagai jenis tenaga kesehatan dengan   perangkat  keilmuannya   masing- masing  berinteraksi  satu  sama  lain.  Ilmu pengetahuan   dan    teknologi  kedokteran yang berkembang sangat pesat yang harudiikuti oleh tenaga kesehatan dalam rangka pemberian     pelayanan  yang bermutu, membuat  semakin kompleksnya permasalahan dalam rumah sakit.

     Peraturan    perundang-undangan    yang dijadikan   dasar   penyelenggaraan  Rumah Sakit saat ini masih pada tingkat Peraturan Menteri   yang   sudah   tidak   sesuai   lagi dengan      kebutuhan.  Dalam rangka memberikan  kepastian  dan  perlindungan hukum untuk meningkatkan, mengarahkan dan  memberikan  dasar  bagi  pengelolaan Rumah  Sakit   diperlukan   suatu  perangkat hukum yang mengatur Rumah Sakit secara menyeluruh dalam bentuk Undang-Undang, maka diterbitkanlah Undang-Undang Nomor  44  Tahun  2009   Tentang  Rumah Sakit  (UU  RS),   undang-undang tersebut merupakan    aturan    hukum    yang    baru tentang rumah sakit menggantikan aturan yang    lama.        Selanjutnya,    pengaturan mengenai      hubungan      antara      tenaga kesehatan  (paramedis),  rumah  sakit  dan pasien tersebar dalam berbagai peraturan perundang-undangan,  yaitu   UU   RS,   UU Kesehatan (yang menggantikan UU Nomor 23  Tahun  1992  tentang Kesehatan),  dan bahkan hal ini bisa terkait dengan Undang- Undang   Nomor   8   Tahun   1999  tentang Perlindungan  Konsumen,  Undang-Undang Nomor 25 Tahun  2009 tentang Pelayanan Publik,  Undang-Undang  Nomor  11  Tahun 2009  tentang  Kesejahteraan  Sosial,namun demikian, akibat begitu banyak peraturan yang terkait dengan hal ini, seringkali justru terjadi   benturan antara   satu   peraturan dengan peraturan yang lain, yang kemudian mengakibatkan  pada tataran implementasi menjadi tidak efektif.
     Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan   kesehatan   merupakan   bagian dari sumber daya  kesehatan  yang  sangat diperlukan dalam  mendukung  penyelenggaraan  upaya kesehatan. Penyelenggaraan  pelayanan  kesehatan  di Penjelasan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, Bagian I (Umum).
Rumah Sakit mempunyai karakteristik dan organisasi yang sangat kompleks. Berbagai jenis  tenaga  kesehatan dengan  perangkat keilmuannya   masing-masing   berinteraksi satu   sama   lain.   Ilmu   pengetahuan   dan teknologi   kedokteran   yang   berkembang sangat pesat yang harus diikuti oleh tenaga kesehatan     dalam     rangka     pemberian pelayanan     yang      bermutu,      membuat semakin kompleksnya permasalahan dalam rumah sakit. Pada hakekatnya  rumah sakit berfungsi   sebagai   tempat   penyembuhan penyakit  dan   pemulihan   kesehatan   dan fungsi dimaksud memiliki makna tanggung jawab yangmerupakan tanggung jawab pemerintah  dalam meningkatkan    taraf kesejahteraan masyarakat. Peraturan    perundang- undangan  yang dijadikan dasar penyelenggaraan   rumah   sakit   yaitu   UU No.44  Tahun  2009  tentang  Rumah  Sakit. Keberadaan undang-undang ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian dan perlindungan  hukum untuk meningkatkan, mengarahkan  dan memberikan dasar bagi pengelolaan rumah sakit.
Di sisi lain, tenaga kesehatan (terutama paramedis)  sebagai  salah  satu  komponen utama     pemberi    pelayanan     kesehatan kepada  masyarakat  mempunyai  peranan yang     sangat     penting     karena     terkait langsung   dengan   pemberian   pelayanan kesehatan    dan    mutu    pelayanan    yang diberikan,  pada  dasarnya  landasan  utama bagi   paramedis   untuk   dapat   melakukan tindakan  medik  terhadap  orang  lain  ialah ilmu       pengetahuan,       teknologi,       dan kompetensi  yang  dimiliki,  yang  diperoleh melalui       pendidikan      dan       pelatihan. Pengetahuan yang  dimilikinya harus  terus menerus  dipertahankan  dan  ditingkatkan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri.
Tenaga kesehatan (terutama paramedis) dengan       perangkat       keilmuan       yang dimilikinya  mempunyai  karakteristik  yang khas.     Kekhasannya     ini     terlihat     dari  pembenaran  yang  diberikan  oleh  hukum yaitu        diperkenankannya        melakukan tindakanmedis   terhadap   tubuh   manusia dalam         upaya         memelihara         dan meningkatkan derajat kesehatan. Tindakan medis    terhadap    tubuh    manusia    yang dilakukan  bukan  tenaga  kesehatan  dapat digolongkan sebagai tindak pidana.

Berkurangnya  kepercayaan  masyarakat terhadap   tenaga   kesehatan   (khususnya paramedis),   maraknya   tuntutan   hukum yang    diajukan    masyarakat   dewasa    ini seringkali   diidentikkan  dengan  kegagalan upaya penyembuhan serta pelayanan yang tidak sesuai  dengan  standar dan prosedur. Di     sisi     lain,     kurangnya     pemahaman komunitas   medik   (dokter,  perawat,  dan rumah  sakit)  seputar  aspek-aspek  hukum profesi mereka juga  merupakan penyebab timbulnya  sengketa  medik.  Hal  ini  dapat dicegah  jika  komunitas   medik   (dan  juga masyarakat)  memahami  batasan  hak  dan tanggung    jawab    masing-masing     ketika memberikan   atau   mendapatkan   layana kesehatan.
B.  Perumusan Masalah
1.   Bagaimana   Tanggung   Jawab   Hukum Rumah     Sakit     terhadap     pelayanan paramedis yang tidak sesuai standar?
2.   Bagaimana  Tindakan  Hukum  terhadap rumah       sakit       dalam       pelayanan paramedis yang tidak sesuai standar?
C.   Metode Penelitian
Penelitian   ini   menggunakan   metode penelitianhukum      normatif      (yuridis normatif)   dengan  mendasarkan  pada sumber data sekunder yang terdiri dari bahan  hukum  primer,   sekunder  dan tersier
Mas   Isharyanto,   Sekelumit   Tentang   Hubungan Hukum  Pasien,  Rumah  Sakit,  dan  Tenaga  Medik, Diakses dari http://hukum.kompasiana.com/2013/04/06/sekelu mit-tentang-hubungan-hukum-pasien-rumah-sakit- dan-tenaga-medik-548668.html,   pada  tanggal   29 April 2013.
PEMBAHASAN
A.  Aspek Yuridis Tanggung Jawab Rumah
Sakit Terhadap Pelayanan Medis
Secara  hukum  tanggung  jawab  rumah sakit     terhadap     pelayanan     paramedis kepada pasien dapat dibagi dalam tanggung jawab pidana dan tanggung jawab perdata berupa pemberian sanksi pidana dan denda antara lain:
1.   Berdasarkan UU Kesehatan.
Berdasarkan UU Kesehatan dalam BAB XX (bab dua puluh) tentang Ketentuan Pidana,  pada  Pasal  190  Ayat  (1) yaitu pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan dan/atau     tenaga      kesehatan     yang melakukan praktik atau pekerjaan pada fasilitas    pelayanan    kesehatan    yang dengan    sengaja    tidak    memberikan pertolongan  pertama  terhadap  pasien yang   dalam   keadaan   gawat   darurat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32
Ayat (2) atau Pasal 85Ayat (2) dipidana dengan  pidana  penjara  paling  lama  2 (dua)  tahun  dan  denda  paling  banyak Rp.   200.000.000,00   (dua   ratus   juta rupiah),    kemudian    dalam    Ayat    (2) menyatakan    dalam    hal    perbuatan sebagaimana  dimaksud  pada  Ayat  (1) mengakibatkan    terjadinya    kecacatan atau     kematian,     pimpinan     fasilitas pelayanan  kesehatan  dan/atau  tenaga kesehatan   tersebut   dipidana   dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun     dan     denda    paling     banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah), dimana Pasal 32 Ayat (2) menegaskan bahwa dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun     swasta    dilarang     menolak pasien dan/atau meminta uang muka”. Kemudian      Pasal      85      Ayat      (2) menegaskan bahwa fasilitas pelayanan kesehatan         dalam          memberikan pelayanan   kesehatan    pada   bencana sebagaimana  dimaksud  pada  Ayat  (1) dilarang    menolak    pasien     dan/atau meminta uang muka terlebih dahulu”.


Pemberatan      dari      pasal      tersebut, terdapat dalam Pasal 201 Ayat (1) yang menyatakan  bahwa  dalam  hal  tindak pidana   sebagaimana   dimaksud   dalam Pasal   190   Ayat   (1)    dilakukan   oleh korporasi,   selain   pidana   penjara   dan denda   terhadap   pengurusnya,   pidana yang      dapat      dijatuhkan      terhadap korporasi tersebut berupa pidana denda dengan  pemberatan  tiga  (3)  kali  dari pidana   denda   sebagaimana   dimaksud dalam   Pasal   190  Ayat  (1).  Kemudian pada Ayat (2) menyatakan bahwa selain pidana   denda   sebagaimana   dimaksud pada Ayat (1), korporasi tersebut dapat dijatuhi     pidana      tambahan      berupa pencabutan     izin      usaha,      dan/atau pencabutan status badan hukum.
2.   Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25
Tahun  2009 Tentang Pelayanan Publik
(UU No.20/2009).
Pelayanan kesehatan sebagai bagian dari pelayanan         publik,         sebagaimana ditegaskan    dalam   Pasal   5   Ayat   (1) menyatakan    bahwa    ruang    lingkup pelayanan   publik    meliputi   pelayanan barang   publik   dan   jasa   publik   serta pelayanan    administratif    yang    diatur dalam perundang-undangan, selanjutnya pada Ayat (2) menyatakan bahwa ruang lingkup   sebagaimana   dimaksud   pada Ayat    (1)    meliputi    juga    pelayanan kesehatan         disamping         pelayanan lainnya”.
Berdasarkan  ketentuan  tersebut,  maka
penyelenggara        pelayanan        publik (dibidang    kesehatan)   dalam    hal    ini rumah  sakit,  wajib  bertanggung  jawab atas  pelanggaran  pelayanan  paramedis yang tidak sesuai  standar dan prosedur yang   terjadi   di   dalam   rumah   sakit tersebut.  Rumah  sakit   tersebut  dapat dikenakan sanksi yang diatur dalam BAB VIII (bab delapan) mengenai  Ketentuan Sanksi,     dimana     Pasal     54     dengan pemberian     sanksi     berupa     teguran tertulis,     pembebasan    dari    jabatan, penurunan    gaji    sebesar    satu    kali
kenaikan gaji berkala untuk paling lama
1 (satu) tahun, penurunan pangkat pada pangkat   yang   setingkat   lebih   rendah untuk   paling    lama   1   (satu)   tahun, pembebasan              dari              jabatan, pemberhentian   dengan   hormat   tidak atas permintaan sendiri, pemberhentian tidak  dengan  hormat, pembekuan misi dan/atau   izin   yang   diterbitkan   oleh instansi  pemerintah,  serta  pencabutan izin    yang     diterbitkan    oleh    instansi pemerintah.
Kemudian  dalam  Pasal  55  ditegaskan bahwa  penyelenggara  atau  pelaksana yang      tidak      melakukan     kewajiban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1), Pasal 28 ayat (1)  dan  ayat (4), Pasal 29 ayat (1) dan ayat (2) dan atas perbuatan     tersebut     mengakibatkan timbulnya    luka,    cacat    tetap,    atau hilangnya nyawa bagi pihak lain dikenai sanksi pidana sebagaimana diatur dalam peraturan               perundang-undangan. Pengenaan  sanksi  pidana  sebagaimana dimaksud  tidak  membebaskan  dirinya membayar    ganti    rugi    bagi    korban. Besaran     ganti     rugi     bagi     korban ditetapkan        berdasarkan        putusan pengadilan.
Kemudian  dalam  Pasal  56  menyatakan
bahwa  penyelenggara  atau  pelaksana yang      tidak      melakukan     kewajiban sebagaimana  dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1), Pasal 28 ayat (1) dan ayat (4), dan        atas        perbuatan         tersebut mengakibatkan kerugian negara dikenai denda.     Besaran     denda     ditetapkan berdasarkan       putusan        pengadilan. Berdasarkan    Pasal    57,    sanksi    bagi penyelenggara   sebagaimana   dimaksud dalam Pasal 54, Pasal 55, dan Pasal 56 dikenakan            kepada             pimpinan penyelenggara.       Pengenaan       sanksi sebagaimana  dimaksud  dilakukan  oleh atasan penyelenggara yang bertanggung jawab  atas  kegiatan  pelayanan  publik sesuai   dengan    peraturan   perundang- undangan.  Pelanggaran  yang  dilakukan


oleh penyelenggara sebagaimana diatur dalam     Pasal     40     ayat     (3)     yang menimbulkan   kerugian   wajib   dibayar oleh  penyelenggara  setelah  dibuktikan nilai       kerugiannya      sesuai      dengan peraturan perundang-undangan. Kemudian dalam Pasal 58  menentukan bahwa        pimpinan        penyelenggara dan/atau pelaksana yang dikenai  sanksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 54, Pasal 55, dan Pasal 56 dapat dilanjutkan pemrosesan      perkara      ke      lembaga peradilan umum apabila penyelenggara melakukan  perbuatan  melawan  hukum dan/atau     penyelenggara     melakukan tindak pidana.
3.   Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8
Tahun    1999    Tentang    Perlindungan
Konsumen (UU PK).
Akibat   dari   adanya   suatu   hubungan hukum antara konsumen dengan pelaku usaha  akan  timbul  hak  dan  kewajiban tertentu    antara    satu    dengan    yang lainnya.  Hak  dan  kewajiban  mereka  di atur    dalam    UU    PK.    Pelaku    usaha memikul   kewajiban   yang    melahirkan hak,   demikian   juga   sebaliknya   pada konsumen  memiliki  hak-hak  yang  lahir dari kewajiban yang dipikulnya, sehingga hak  dan  kewajiban  konsumen  dengan pelaku    usaha   timbul   dari   hubungan timbal balik  di antara  mereka, namun dalam   hubungan    interaksi   konsumen dengan  pelaku  usaha  tidak  selamanya berjalan  dengan  baik,  sebagai   contoh dalam   hubungan   timbal   balik   antara pasien  sebagai  konsumen  dan  rumah sakit  sebagai  pelaku  usaha,  sering  kali pasien  yang  menjalani  pengobatan  di rumah sakit  justru mengalami kerugian dengan   tidak   mendapat   kesembuhan disebabkan   pihak   rumah   sakit   tidak tepat  atau  melakukan  kelalaian  dalam menangani pasien dan penyakitnya atau sering        disebut        dengan        istilah malpraktik.
Berdasarkan   hal   tersebut,   hubungan hukum antara pasien dan rumah sakit ialah perjanjian   perawatan,  yaitu  kesepakatan antara rumah sakit dan pasien bahwa pihak rumah sakit menyediakan kamar perawatan dan  adanya  tenaga  perawat  yang  akan melakukan     tindakan    perawatan,    serta perjanjian       pelayanan       medis,       yaitu kesepakatan antara rumah sakit dan pasien bahwa tenaga medis pada rumah sakit akan berupaya       secara        maksimal        untuk menyembuhkan  pasien   melalui  tindakan medis     (inspanningsverbintenis),     dengan adanya    Keputusan    Menteri    Kesehatan Republik                Indonesia                 Nomor
756/MENKES/SK/VI/2004                   tentang Persiapan Liberalisasi Perdagangan dan Jasa di  Bidang  Kesehatan,  berarti  UU  PK  juga dapat diberlakukan pada bidang kesehatan.
Berdasarkan  hal  tersebut,  maka  sanksi yang  dapat  diberikan  berdasarkan  UU  PK kepada     rumah    sakit    akibat    kelalaian pelayanan paramedisnya yaitu diatur dalam Pasal 61 sampai Pasal 63, di mana Pasal 61 menentukan  bahwa  penuntutan  pidana dapat   dilakukan   terhadap   pelaku   usaha dan/atau  pengurusnya.  Kemudian  dalam Pasal 62 menegaskan  bahwa pelaku usaha yang   melanggar   ketentuan   sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, Pasal 9, Pasal 10, Pasal 13 ayat (2), Pasal 15, Pasal 17 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf c,huruf e, ayat  (2) dan   Pasal   18   dipidana   dengan   pidana penjara  paling  lama  5  (lima)  tahun  atau pidana       denda      paling      banyak      Rpn2.000.000.000,00    (dua    milyar    rupiah). akan   tetapi   justru   kondisinya   semakin memburuk,   sementara   pihak    rumah sakit sama sekali tidak memberikan ganti kerugian   terhadap  pasien  dan  bahkan pasien   tetap   harus   membayar   biaya pengobatan     yang     justru     membuat keadaannya semakin parah, hal tersebut
Narrys N. R, Tanggung Jawab Hukum Rumah Sakit Terhadap  Kasus  Malpraktik  Berdasarkan  Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen,  Skripsi,  Fakultas  Hukum  UNLA,  2011, Diakses dari http://repository.fhunla.ac.id/?q=node/202, pada tanggal 29 April 2013.


Pelaku  usaha  yang  melanggar  ketentuan sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  11, Pasal 12,  Pasal 13 ayat (1), Pasal 14, Pasal
16, dan Pasal 17 ayat (1) huruf d dan huruf f dipidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau    pidana   denda   paling   banyak   Rp
500.000.000,00  (lima  ratus  juta  rupiah). Terhadap pelanggaran yang mengakibatkan luka  berat,  sakit  berat,  cacat  tetap  atau kematian  diberlakukan  ketentuan  pidana yang berlaku.
Terhadap   sanksi   pidana   sebagaimana dimaksud dalam Pasal 62, dapat dijatuhkan hukuman tambahan, berupa:
a.   Perampasan barang tertentu.
b.   Pengumuman keputusan hakim. c.   Pembayaran ganti rugi.
d.   Perintah penghentian kegiatan tertentu yang menyebabkan timbulnya kerugian konsumen.
e.   Kewajiban     penarikan     barang     dari peredaran, atau
f.    Pencabutan izin usaha.
Berdasarkan             ketentuan-ketentuan tersebut di atas, dasar pembenaran rumah sakit  bertanggungjawab terhadap kerugian yang   diakibatkan   dari   kelalaian   tenaga kesehatan  di   rumah  sakit,  yaitu  dengan adanya doktrin respondeat superior, doktrin rumah  sakit   bertanggungjawab  terhadap kualitas   perawatan   (duty   to   care),   dan doktrin vicarious  liability, hospital liability, corporate liability.
B.  Tindakan      Hukum      Rumah      Sakit Terhadap  Pelayanan  Paramedis  Yang Tidak      Sesuai     Standar     (Kelalaian Paramedis)
Pertanggungjawaban  rumah  sakit  dari aspek     hukum     administratif     berkaitan dengan      kewajiban atau persyaratan administratif  yang   harus   dipenuhi   oleh rumah sakit  khususnya untuk mempekerjakan tenaga kesehatan di rumah sakit.   UU   No   36   Tahun   2009   tentang Kesehatan        (UU        Kesehatan)        yang menentukan  antara  lain  kewajiban  untuk memiliki kualifikasi minimum dan memiliki izin dari pemerintah  untuk menyelenggarakan   pelayanan   kesehatan. Selain    itu    UU   Kesehatan   menentukan bahwa tenaga kesehatan harus memenuhi kode  etik,  standar  profesi,  hak  pengguna pelayanan  kesehatan,  standar  pelayanan dan   standar   prosedur   operasional.   Jika rumah   sakit   tidak   memenuhi  kewajiban atau   persyaratan   administratif   tersebut, maka berdasarkan Pasal 46 UU RS, rumah sakit   dapat   dijatuhi   sanksi   administratif berupa   teguran,   teguran   tertulis,   tidak diperpanjang   izin   operasional,    dan/atau denda dan pencabutan izin.
Pertanggungjawaban dari aspek hukum pidana      terjadi      jika      kerugian      yang ditimbulkan  atas  kelalaian  yang  dilakukan oleh    tenaga    medis    di    rumah    sakit memenuhi    tiga     unsur.     Ketiga    unsur tersebut   adalah   adanya   kesalahan   dan perbuatan  melawan  hukum  serta   unsur lainya  yang  tercantum  dalam  ketentuan pidana        yang       bersangkutan.       Perlu dikemukakan bahwa dalam sistem hukum pidana   kita,    dalam    hal   tindak   pidana dilakukan        oleh        korporasi,        maka pengurusnya    dapat     dikenakan    pidana penjara dan denda, untuk korporasi, dapat dijatuhi pidana denda dengan pemberatan.
Berdasarkan hukum  perdata dibedakan antara    kerugian    yang    dapat    dituntut berdasarkan    wanprestasi    dengan    yang berdasarkan  perbuatan  melawan  hukum. Kerugian  yang  dapat  dituntut  atas  dasar wanprestasi menurut     Adami     Chazawi (Malpraktek         Kedokteran         2007:69),
hanyalah kerugian materiil atau kerugian kekayaan/kebendaan       (vermogenschade) atau  kerugian  yang  dapat  dinilai  dengan uang.  Sementara itu kerugian yang  dapat dituntut dengan alasan perbuatan melawan hukum   selain   kerugian   kebendaan   juga kerugian idiil    (immaterial)    yang    tidak bersifat       kebendaan,       namun       dapat diperkirakan nilai           kebendaannya berdasarkan kelayakan. Pasal 46 Undang- undang  tentang Rumah  Sakit  menyatakan Rumah    Sakit    bertanggung    jawab    atas


semua   kerugian   artinya   rumah   sakit menanggung   kerugian   materiil   maupun immaterial.   Selanjutnya,   UU   RS   hanya mensyaratkan      bahwa       kerugian      itu “ditimbulkan atas kelalaian yang dilakukan oleh tenaga kesehatan di Rumah Sakit. Hal ini   berarti,  UU  RS  mensyaratkan  adanya hubungan  kausal  antara  kerugian  dengan kelalaian tenaga kesehatan di rumah sakit . Hubungan  kausal  dalam  hukum  perdata digunakan    untuk     menentukan    adanya kerugian  sebagai  dasar  untuk  menuntut ganti     kerugian     kepada      pihak     yang bertanggung  jawab,  dalam  hukum  pidana hubungan  kausal  tersebut  sebagai  syaratnbagi terjadinya tindak pidana.
Kasus-kasus    sebelumnya    yang    juga menyita perhatian masyarakat luas seperti dugaan       kesalaha  dari  interpretasi pemeriksaan  darah,  yang  mengakibatkan pasien      harus      dicuci      darah, kasus tertukarnya bayi di sebuah RS di Magelang dan  tindakan        kekerasan        petugas administrasi RS besar di Surabaya terhadap pengantar     pasien     yang      melontarkan keluhan.  Adanya  sifat  yang  sangat  khas pada layanan      kesehatan yaitu       adanya asimetri  informasi  dimana  informasi  yang dimiliki  oleh  provider  baik  dari  RS  atau dokter tidak seimbang dengan yang dimiliki oleh    pasien.    Suatu    hal    yang    sering membuka   kemungkinan  kesalahpahaman. Selain itu kondisi masyarakat yang semakin cerdas  dan  semakin terbukanya  informasi di     berbagai     media     tampaknya     juga mempunyai andil pada terangkatnya kasus- kasus       tersebut.       Berdasarkan       data masyarakat  yang   mengadukan  dokter  ke Majelis   Kehormatan   Disiplin   Kedokteran Indonesia     (MKDKI)      tercatat     semakin meningkat.
Bercermin dari kasus-kasus di atas, maka tuntutan/gugatan/pelaporan  kepada  polisi akibat  kasus   yang  terjadi  di  RS  adalah dengan  menginisiasi  mutu  pada  lembaga pelayanan kesehatan. Tentu saja termasuk mutu  tenaga  medis  dan  paramedis  yang juga  menjadi  tanggung  jawab  organisasi profesi. Pelatihan tentang pelayanan prima atau   service   excellent   dari   tingkat   top manajemen sampai  dengan  level terdepan yaitu  office  boy,  kasir,  bagian  loket  serta bagian informasi, maupun paramedis tanpa kecuali,  walaupun  dapat  dipahami  bahwa adanya keterbatasan manusia memprediksi secara akurat apa yang terjadi. Paramedis juga    seorang    manusia    yang     bersifat ephemeral (terbatas jangkauan pandangan dan    pemikiran   serta    akalnya,   namun sejatinya esensi dari mutu adalah  sebuah upaya  pencegahan ke  arah  yang  buruk. Untuk   mengantisipasi   bila   suatu   kasus muncul      maka     penyusunan     standard operating procedure (SOP) menjadi sebuah keniscayaan. Dan hal inilah kelemahan yang sangat mendasar pada  layanan kesehatan kita. SOP pada layanan kesehatan seringkali tidak/belum  ada.  Atau  bila  SOP  mungkin ada,  namun  kepatuhan        petugas terhadapnya   juga   kadang-kadang   masih harus   dipertanyakan.  Di  sinilah   peranan manajemen    sebuah    organisasi    layanan kesehatan mendapatkan tempatnya. Dalam hal ini Sistem Manajemen Mutu (SMM) bisa jadi menjadi sangat penting bukan sekedar pada   ketersediaan  dokter  saja  atau  alat yang  lengkap  saja  namun  adalah  sebagai gabungan       sistem      manajemen      yang mengatur  semua  sumber  daya  yang  ada untuk memberikan  pelayanan yang terbaik kepada    pasien    termasuk    ketersediaan, kelengkapan    dan     kepatuhan     terhadap
Prosedur  yang ada. Untuk menurunkan angka-angka                                                                  M.  Yahya  Harahap,  Pembahasan  Permasalahan dan Penerapa KUHAP, Edisi Kedua, Penerbit Sinar
JAMSOS   Indonesia,   Wawasan   Hukum   Jaminan Sosial dan Kesehatan, Diakses dari http://www.jamsosindonesia.com/cetak/printout/85. Grafika, Jakarta, 2012, hlm 12.
 Tri Astuti Sugiyatmi, Kasus Medis vs Mutu Layanan Kesehatan, Diakses dari       http://www.kpmak- ugm.org/2012-05-12-04-54-35/2012-05-12-05-03-


A.  Kesimpulan
PENUTUP

1.   Rumah  sakit  sebagai  subyek  hukum. Berarti,  rumah  sakit  dapat  melakukan hubungan     hukum     dengan     subyek hukum   lainnya   dalam   melaksanakan pelayanan kesehatan. Karena itu rumah sakit      wajib       menanggung      segala konsekuensi hukum yang timbul sebagai akibat  dari perbuatannya       atau perbuatan   orang   lain   yang   berada dalam  tanggung  jawabnya.   Tanggung jawab   hukum   tersebut  meliputi  tiga aspek   yaitu   hukum   perdata,   hukum administrasi dan hukum pidana. Dari sisi hukum   perdata,   pertanggungjawaban rumah  sakit  terkait  dengan  hubungan hukum    yang    timbul    antara    pasien dengan  rumah  sakit  dalam  pelayanan kesehatan                   di                   rumah sakit.Pertanggungjawaban  rumah  sakit dari      aspek      hukum      administratif berkaitan     dengan     kewajiban     atau persyaratan   administratif   yang   harus dipenuhi  oleh  rumah  sakit  khususnya untuk          mempekerjakan          tenaga kesehatan          di          rumah          sakit Pertanggungjawaban dari aspek hukum pidana    terjadi    jika    kerugian    yang ditimbulkan      atas      kelalaian      yang dilakukan oleh tenaga medis di rumah sakit memenuhi tiga unsur. Ketiga unsur tersebut  adalah adanya kesalahan dan perbuatan melawan hukum serta unsur lainya yang tercantum dalam ketentuan pidana yang bersangkutan.
2.   Tindakan Hukum dari segi administratif jika    rumah    sakit    tidak    memenuhi kewajiban   atau            persyaratan administratif           tersebut,           maka berdasarkan   Pasal  46  UU  RS,  rumah sakit dapat dijatuhi sanksi administratif berupa teguran, teguran  tertulis, tidak diperpanjang izin operasional, dan/atau
denda dan pencabutan izin . Sedangkan dari   segi   pidana   jika   kerugian   yang ditimbulkan      atas      kelalaian      yang
dilakukan oleh tenaga medis di rumah sakit memenuhi tiga unsur. Ketiga unsur tersebut  adalah adanya kesalahan dan perbuatan melawan hukum serta unsur lainya yang tercantum dalam ketentuan pidana     yang     bersangkutan.     Perlu dikemukakan    bahwa    dalam     sistem hukum  pidana  kita,  dalam  hal  tindak pidana dilakukan oleh korporasi, maka pengurusnya  dapat  dikenakan  pidana penjara  dan  denda,  untuk  korporasi, dapat   dijatuhi  pidana  denda  dengan pemberatan.      Dari      segi      Perdata dibedakan antara  kerugian yang dapat dituntut      berdasarkan      wanprestasi dengan   yang   berdasarkan   perbuatan melawan hukum.
B.  Saran
1.   Sebaiknya   pemerintah   harus   segera menetapkan peraturan pelaksanaan UU Rumah  Sakit  dan  UU  Kesehatan serta standar-standar       pelayanan       untuk memberikan      perlindungan      kepada pasien,  tenaga  kesehatan  (paramedis) dan rumah sakit.
2.   Kiranya  pemerintah lebih  tegas  dalam
menerapkan sanksi hukum bagi rumah sakit     yang     terbukti     lalai     dalam pelayanan   kesehatan  paramedis  yang tidak sesuai dengan prosedur.
DAFTAR PUSTAKA
Amirudin   dan   Zainal   Asikin,   Pengantar Metode   Penelitian   Hukum,   PT.   Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004.
Bachrul  Amiq,  Aspek  Hukum  Pengawasan Pengelolaan         Keuangan         Daerah, Laksbang Pressindo, Yogyakarta, 2010.
Bambang   Sunggono,   Metode   Penelitian Hukum,   PT.   Raja   Grafindo   Persada, Jakarta, 2011.
Burhan Ashofa,  Metode Penelitian Hukum, Rineka Cipta, Jakarta, 2001.


Johny    Ibrahim,    Teori    dan    Metodelogi Penelitian   Hukum   Normatif,   Cet.   IV, Banyumedia, Malang, 2008.
Lilik Mulyadi, Seraut Wajah Putusan Hakim dalam  Hukum  Acara  Pidana  Indonesia, Penerbit PT Citra Aditya Bakti, Bandung,
2010.
M.       Yahya       Harahap,       Pembahasan Permasalahan  dan  Penerapan  KUHAP, Edisi    Kedua,   Penerbit   Sinar   Grafika, Jakarta, 2012.
Moris  L.  Cohen,  Sinopsis  Penelitian  Ilmu Hukum, Cet.1, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1995.
Oemar  Seno  Adji,  Etika  professional  dan Hukum    Pertanggungjawaban    Pidana Dokter Profesi Dokter, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1991.
Soerjono  Soekanto,  Pengantar  Penelitian
Hukum Cet ke-3, UI Press, Jakarta, 1986.
                        dan    Herkutarto,    Pengantar Hukum    Kesehatan,   Penerbit    Remaja Karya, Bandung, 1987.
                       dan   Sri   Mamudji,   Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004.
Sofwan Dahlan, Hukum Kesehatan Rambu- Rambu  bagi  Profesi  Dokter,  Semarang, Penerbit        Universitas        Diponegoro, Semarang, 2003.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif,
Penerbit CV. Alvabeta, Bandung, 2005. Winarno  Surakhmat, Pengantar  Penelitian
Ilmiah, Transito, Yogyakarta, 1982.
Suhardy Hetharia, Aspek Tanggung Jawab Hukum Rumahsakit Terhadap Pelayanan Medis
Peraturan Perundang-undangan :
Undang-Undang   Nomor   8   Tahun   1999
Tentang Perlindungan Konsumen.
Undang-Undang   Nomor   25   Tahun   2009
Tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang   Nomor   36   Tahun   2009
Tentang Kesehatan.
Undang-Undang   Nomor   44   Tahun   2009
Tentang Rumah Sakit.

KITA HANYA IKUT MEMPUBLIKASIKAN JURNAL INI TIDAK ADA CAMPUR TANGAN DENGAN PEMBUAT JURNAL INI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan