ANALISIS KESALAHAN DAN PERSEPSISISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SMA DALAM UJIAN BERBASIS KOMPUTER
ANALISIS
KESALAHAN DAN PERSEPSISISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SMA DALAM UJIAN
BERBASIS KOMPUTER
Ahmat
Wakit1, Erna Zumrotun2, Wulan Sutriyani3
1,2,3Universitas
Islam Nahdlatul Ulama Jepara
ABSTRAK
Penelitian
ini merupakan penelitian
kualitatif desktiptif. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui
persepsi siswa dalam melaksanakan ujian berbasis komputer/computer based test
(CBT)dan untuk mendeskripsikan kesalahansiswa menyelesaikan
soal matematikaSMAdalam CBT.
Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah
dengan angket, wawancara dan
dokumentasi. Subjek penelitian
adalah 1 kelas
jurusan keagaman dan 1 kelas
jurusan IPA. Hasil
penelitian ini menunjukkan
bahwa nilai rata-rata
ujian berbasis komputerkelas jurusan
Keagamaan adalah 51.16,
nilai pada soal
aljabar 56.96, nilai
pada soal kalkulus 54.59, nilai
pada soal geometri
dan trigonometri 36.61
dan nilai pada
soal statistika dan peluang
adalah 42.06. Nilai
rata-rata ujian berbasis komputerdi kelas Jurusan
IPAadalah 35.71, nilai pada soal
aljabar 36.97, nilai pada
soal kalkulus 25.71, nilai pada
soal geometri dan trigonometri 23.21 dan
nilai pada soal statistika dan peluang adalah 42.86.Persepsi siswa
terhadap ujian berbasis
komputer tergolong sangat
baik. Keunggulan CBT adalah
pelaksanaan ujian berbasis
komputer lebih efektif,
ada peringatanjika ada
soal yang belum terjawab, untuk soal Bahasa inggris
menggunakan headset sehingga soal listening lebih jelas dan tidak
khawatir kertas ujian rusak.
Sedangkan kelemahan CBT adalah dapat
membuat mata pedih karena cahaya dari layar komputer terlalu terang saat
melaksanakan ujian berbasis komputer.
Kata kunci: Persepsi Siswa, Kesalahan Siswa, Ujian
Berbasis Komputer
Sumber :
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Volume 8, Nomor 1, Februari 2022, Halaman 19–26
Komentar
Posting Komentar