ANALISIS DETERMINAN MINAT MAHASISWADALAM BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH

 

ANALISIS DETERMINAN MINAT MAHASISWADALAM BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH

Yuni Inawati, Muhammad Syariful Anam, Pandu Nur Wicaksono, Nailis Safaah, Yusvita Nena Arinta

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Jl. Tentara Pelajar No. 2, Kota Salatiga

 

Abstrak

Penelitian analisis  determinan  minat  mahasiswa  dalam  berinvestasi  di  pasar  modal syariah ini bertujuan untuk menganalisispengaruh religiusitas, pengetahuan, manfaat dan modal minimum investasi terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal syariah.Jenis penelitian ini jenis penelitiankuantitatif yangbertujuan untuk melakukan analisis terhadap determinan minat mahasiswa untuk menginvestasikan uangnya di pasar modal  syariah.  Mengenai  variabel  independen  yang digunakanyaitu  religiusitas,pengetahuan,  manfaat  danmodal  minimuminvestasi, adapunvariabel  dependenyang dipakaiadalah minat berinvestasi di pasar modal syariah. Populasi daripenelitian ini yaitumahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Sedangkan untuk penentuan jumlah sampel  dilakukan  dengan  menggunakan  rumus  slovin  dan  kemudian  diperoleh sampel  sabanyak  100  mahasiswa.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  yaitu  dengan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisisyangtelah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara parsial religiusitas dan manfaatberpengaruh tidaksignifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah. Sedangkan pengetahuan dan modal minimum  investasi  secara  parsial  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  minat berinvestasi di pasar modal syariah. Kemudian secarasimultanreligiusitas, pengetahuan, manfaat  dan  modal  minimum  investasi  berpengaruhsecara  signifikan  terhadap  minat berinvestasi di pasar modal syariah.

Kata  Kunci:Religiusitas,  Pengetahuan,  Manfaat,  Modal  Minimum  Investasi,  Minat Berinvestasi

 

Sumber :

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Volume 6, No. 1, 2021

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren