Segmentasi Layanan Jasa Kantor Akuntan Publik Menggunakan Algoritma K-Means Clustering

 

Segmentasi Layanan Jasa Kantor Akuntan Publik Menggunakan Algoritma K-Means Clustering

 

Mochamad Bagus Hendrawan

Goldie Gunadi

Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Widuri

 

Abstrak

 

Kantor Akuntan Publik (KAP) XYZ merupakan badan usaha yang menyediakan jasa audit, akuntansi, perpajakan, dan konsultasi keuangan kepada klien. Agar dapat memberikan pelayanan terbaik dan professional diperlukan evaluasi jasa KAP XYZ. Penelitian ini bertujuan melakukan segmentasi jasa dengan menggunakan metode K-Means Clustering dan pengujian Davies Bouldin Index (DBI) untuk mencari cluster terbaik. Pengolahan data menggunakan aplikasi RapidMiner. Sumber data berupa data pemberian jasa kepada klien sebanyak500 pekerjaan, dengan nilai k yang diuji yaitu 3, 4, 5, 6, dan 7. Hasil pengujian menunjukkan nilai DBI terendah pada k=5 dengan skor 0,949, menghasilkan 5 cluster. Cluster 1 menunjukkan performa terbaik dengan 37% dari total jasa, yaitu 187 layanan kepada 69 klien. Segmentasi ini memberikan wawasan yang dapat digunakan manajemen KAP untuk evaluasi dan penyusunan strategi peningkatan kualitas layanan.

 

Keywords: K-Means, Clusteirng, Jasa, Kantor Akuntan Publik, Davies Bouldin Index.

 

Sumber publikasi Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis–JTEKSIS Vol 7 No 2 (2025): April 2025

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan