Segmentasi Layanan Jasa Kantor Akuntan Publik Menggunakan Algoritma K-Means Clustering
Segmentasi Layanan
Jasa Kantor Akuntan Publik Menggunakan Algoritma K-Means Clustering
Mochamad Bagus Hendrawan
Goldie Gunadi
Program Studi Teknik
Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Widuri
Abstrak
Kantor Akuntan Publik (KAP) XYZ merupakan badan usaha
yang menyediakan jasa audit, akuntansi, perpajakan, dan konsultasi keuangan
kepada klien. Agar dapat memberikan pelayanan terbaik dan professional
diperlukan evaluasi jasa KAP XYZ. Penelitian ini bertujuan melakukan segmentasi
jasa dengan menggunakan metode K-Means Clustering dan pengujian Davies Bouldin
Index (DBI) untuk mencari cluster terbaik. Pengolahan data menggunakan aplikasi
RapidMiner. Sumber data berupa data pemberian jasa kepada klien sebanyak500
pekerjaan, dengan nilai k yang diuji yaitu 3, 4, 5, 6, dan 7. Hasil pengujian
menunjukkan nilai DBI terendah pada k=5 dengan skor 0,949, menghasilkan 5
cluster. Cluster 1 menunjukkan performa terbaik dengan 37% dari total jasa,
yaitu 187 layanan kepada 69 klien. Segmentasi ini memberikan wawasan yang dapat
digunakan manajemen KAP untuk evaluasi dan penyusunan strategi peningkatan
kualitas layanan.
Keywords: K-Means, Clusteirng, Jasa, Kantor Akuntan
Publik, Davies Bouldin Index.
Sumber publikasi Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi
Bisnis–JTEKSIS Vol 7 No 2 (2025): April 2025
Komentar
Posting Komentar