Pengaruh Religiusitas Dan Budaya Berbelanja Terhadap Penggunaan Mobile Bangking Bank Syariah Indonesia Sebagai Transaksi Pembayaran Online
Pengaruh Religiusitas Dan Budaya
Berbelanja Terhadap Penggunaan Mobile Bangking Bank Syariah Indonesia Sebagai
Transaksi Pembayaran Online
Olivia Afkarina
Ayuni Setiya Nirmala
Miftakhul Khoiriyah
Danish Izza Nadira
Universitas Negeri Surabaya
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
religiusitas dan budaya berbelanja terhadap penggunaan layanan mobile bangking Bank
Syariah Indonesia (BSI) di Kota Surabaya. Dengan pendekatan kuantitatif, data diperoleh
dari 127 responden melalui kuesioner daring. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis
statistik dengan teknik Analisis
regresi linier berganda, analisis korelasi, uji t parsial, uji F simultan, dan
uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas
memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan mobile bangking BSI,
sejalan dengan persepsi nilai ibadah dan prinsip syariah yang mendasari
penggunaannya. Selain itu, budaya berbelanja,
khususnya tren konsumsi digital, juga memiliki pengaruh signifikan, meskipun
menunjukkan risiko peningkatan perilaku konsumtif. Secara simultan,
religiusitas dan budaya berbelanja berkontribusi positif terhadap keputusan
penggunaan layanan mobile bangking. Temuan ini memberikan dasar strategis bagi
pengembangan layanan berbasis syariah yang inovatif dan relevan dengan
kebutuhan masyarakat modern.
Kata Kunci:Religiusitas; Budaya Berbelanja; Transaksi;
Mobile bangking BSI
Sumber publikasi Vol. 13 No. 1 (2025): Al Iqtishod:
Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam
Komentar
Posting Komentar