Pengaruh Religiusitas Dan Budaya Berbelanja Terhadap Penggunaan Mobile Bangking Bank Syariah Indonesia Sebagai Transaksi Pembayaran Online

 

Pengaruh Religiusitas Dan Budaya Berbelanja Terhadap Penggunaan Mobile Bangking Bank Syariah Indonesia Sebagai Transaksi Pembayaran Online

 

Olivia Afkarina

Ayuni Setiya Nirmala

Miftakhul Khoiriyah

Danish Izza Nadira

Universitas Negeri Surabaya

 

Abstrak:

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan budaya berbelanja terhadap penggunaan layanan mobile bangking Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kota Surabaya. Dengan pendekatan kuantitatif, data diperoleh dari 127 responden melalui kuesioner daring. Metode analisis data yang digunakan   adalah   analisis   statistik   dengan teknik Analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, uji t parsial, uji F simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan mobile bangking BSI, sejalan dengan persepsi nilai ibadah dan prinsip syariah yang mendasari penggunaannya.  Selain itu, budaya berbelanja, khususnya tren konsumsi digital, juga memiliki pengaruh signifikan, meskipun menunjukkan risiko peningkatan perilaku konsumtif. Secara simultan, religiusitas dan budaya berbelanja berkontribusi positif terhadap keputusan penggunaan layanan mobile bangking. Temuan ini memberikan dasar strategis bagi pengembangan layanan berbasis syariah yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat modern.

 

Kata Kunci:Religiusitas; Budaya Berbelanja; Transaksi; Mobile bangking BSI

 

Sumber publikasi Vol. 13 No. 1 (2025): Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan