Efektivitas Media Papan Simbol untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Simbol Matematika pada Anak dengan Gangguan Pendengaran
Efektivitas
Media Papan Simbol untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Simbol Matematika pada
Anak dengan Gangguan Pendengaran
Lala Anggoro Wati
Universitas Muhammadiyah
Lampung, Indonesia
Genesa Vernanda
Universitas Muhammadiyah
Lampung, Indonesia
Yulvia Sani
Universitas Muhammadiyah
Lampung, Indonesia
ABSTRAK
Anak yang mengalami gangguan pendengaran sering mengalami kesulitan dalam
memahami matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan seorang
siswa kelas V di SLB IT Cahaya Bintang yang mengalami kesulitan dalam memahami
simbol matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media papan
simbol efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan memahami simbol
matematika (+, –, =) pada anak dengan gangguan pendengaran kelas V. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR)
dengan desain A-B-A. Observasi, wawancara dan tes diimplementasikan sebagai
teknik pengumpulan data, serta hasil tes ditentukan melalui persentase. Setelah
terkumpul, data dianalisis menggunakan teknik visual grafik. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa baseline (A1) dilakukan sebanyak lima kali dengan mean
level 20%, persentase stabilitas 100%, kecenderungan arah (=). Kemudian,
dilanjutkan dengan intervensi (B) dilakukan selama tujuh kali dengan mean level
65,7%, persentase stabilitas 85,7%, kecenderungan arah meningkat (+).
Selanjutnya baseline (A2) dilakukan sebanyak delapan kali dengan mean level
96,2%, persentase stabilitas 87,5%, kecenderungan arah meningkat (+). Adapun
overlap pada analisis data B/A1 0% dan B/A2 0%. Hasil penelitian ini menyatakan
bahwa media papan simbol efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan
memahami simbol matematika pada anak dengan gangguan pendengaran kelas V di SLB
IT Cahaya Bintang.
Kata kunci: Media Papan Simbol, Kemampuan Memahami Simbol, Tunarungu.
Sumber publikasi Jurnal
Basicedu, Vol. 8, No. 2 (2024)
Komentar
Posting Komentar