Pengaruh Model Pembelajaran Students Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumbertebu
Pengaruh
Model Pembelajaran Students Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumbertebu
Anisatur Rodliyah
Universitas Hasyim Asy'ari
Muhummad Nuruddin,
Universitas Hasyim Asy'ari
ABSTRAK
Tujuan pengumpulan data adalah guna melihat pengaruh model belajar Students
Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
IV SDN Sumbertebu. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan tipe experimental design berupa one group pretest posttest design.
Dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Pertemuan pertama pembelajaran tidak
menggunakan model belajar STAD, pertemuan kedua menggunakan STAD. Sampel
penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Dalam penelitian ini
metode pengumpulan data adalah metode tes dan survey. Tes yang digunakan berupa
pre-test dan posttest dengan jumlah soal 15 pilihan ganda dan 10 isian,
sedangkan angket yang digunakan berbentuk pernyataan. Pengolahan data
menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16.0. Hasil akhirnya adalah peningkatan hasil
belajar matematika siswa pada perkalian dan pembagian desimal. Penelitian ini
memberikan pengaruh yang signifikan yaitu 0,000 menunjukkan bahwa 0,000 <
0,05 maka H1 diterima. Nilai angket menunjukkan rata-rata 92 yang berarti
memiliki respon positif. Artinya terdapat pengaruh dan respon positif dari
penggunaan model STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN
Sumbertebu.
Kata kunci: Model belajarStudents Teams Achievement Devision, Hasil
Belajar, Matematika
Sumber publikasi Jurnal
Pendidikan dan Konseling, Vol. 5, No. 4 (2023)
Komentar
Posting Komentar