Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Solving di Sekolah Dasar
Upaya
Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika
dengan Metode Problem Solving di Sekolah Dasar
Jaeni Ulfah Romadoni
Arsyi Rizqia Amalia
Dyah Lyesmaya
Universitas Muhammadiyah
Sukabumi, Indonesia
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keahlian peserta didik
dalam menangai soal cerita dalam konteks matematika di SD Negeri Selajambe 2
Kec.Cisaat-Sukabumi, dengan menerapkan metode Problem Solving dalam Penelitian
Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Adapun hasil dari tindakan ini
mengindikasikan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah mampu
meningkatkan keahliann siswa. Pada tahap Prasiklus, rata-rata nilai siswa dalam
mengatasi soal bentuk cerita adalah 64,7. Setelah menggunakan pendekatan
pembelajaran pemecahan masalah pada siklus I, terjadi peningkatan nilai menjadi
67,9. Disamping itu, partisipasi siswa dalam menangani soal cerita juga
mengalami kenaikan dari 10,5% pada tahap Prasiklus menjadi 52,6% pada siklus I.
Berdasarkan tindakan yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran pemecahan masalah secara signifikan meningkatkan
keterampilan siswa dalam mengatasi soal bentuk cerita pada mata pelajaran
matematika di SD Negeri Selajambe 2. Adapun tujuan dari tindakan yang dilakukan
oleh peneliti ini ialah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengatasi soal
dalam bentuk cerita pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode
pembelajaran Problem Solving berhasil tercapai.
Kata kunci: Kemampuan menyelesaikan soal cerita, problem solving,
matematika
Sumber publikasi Jurnal
Basicedu, Vol. 7, No. 4 (2023)
Komentar
Posting Komentar