Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok

 

Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok

Mai Sri Lena

Hana Shilfia Iraqi

Santi Oktavia

Annisaul Mutmainnah

Universitas Negeri Padang

 

 

ABSTRAK

Maksud dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk menganalisis dampak dari metode diskusi yang dilakukan terhadap minat belajar siswa SD Negeri 09 Belakang Balok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah survei lapangan langsung kepada siswa kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok. Pada penelitian ini, sudah menggunakan analisis berbasis adalah deskriptif kuantitatif, yaitu sesuatu yang akan dipelajari dideskripsikan, diteliti dan dijelaskan sedemikian rupa, dan ditarik kesimpulan tentang fenomena yang dapat diamati dengan menggunakan angka. Instrumen yang digunakan adalah dengan memberikan angket yang berisi pernyataan kepada peserta didik, yang kemudian dijawab oleh siswa sesuai dengan pernyataan dalam angket tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan metode diskusi ini sangat mempengaruhi minat belajar peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Kata kunci: Metode diskusi, minat belajar peserta didik

 

Sumber publikasi Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 5, No. 3 (2023)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren