HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL DI MALUKU TENGAH
HUBUNGAN
PENGETAHUAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DENGAN
RETARDASI MENTAL DI MALUKU TENGAH
Vernando Yanry Lameky
Universitas Kristen Indonesia
Maluku
Mevy Lilipory
Universitas Kristen Indonesia
Maluku
Clemen Halalohun
Universitas Kristen Indonesia
Maluku
ABSTRAK
Latar belakang: Retardasi mental adalah suatu penurunan fungsi intelektual
secara menyeluruh yang terjadi pada masa perkembangan anak dan dihubungkan dengan
gangguan adaptasi sosial. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan pola asuh orang tua terhadap
perkembangan sosial anak dengan retardasi mental. Metode: Metode penelitian
adalah deskriptif dengan
pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan data menggunakan
total sampling yaitu 44 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan Vienland
Social Maturity Scale (VSMS). Analisis data menggunakan analisis statistik nonparametrik Chi-square. Hasil: Hasil
penelitian Chi-Square test didapatkan nilai p= 0,039 (p≤0,05) untuk pengetahuan
orang tua terhadap perkembangan sosial anak dan nilai p= 0,012 (p≤0,05) untuk
pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak. Kesimpulan: Kesimpulan
pada penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan
pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak dengan retardasi mental.
Kata Kunci: pengetahuan, perkembangan sosial,pola asuh;retardasi mental
Sumber publikasi MOLUCCA
MEDICA, Vol. 15, No. 2 (2022)
Komentar
Posting Komentar