ANALISIS PEMASARAN SAGU DI DESA HARAPAN MAKMUR KECAMATAN GAUNG ANAK SERKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

 

ANALISIS PEMASARAN SAGU DI DESA HARAPAN MAKMUR KECAMATAN GAUNG ANAK SERKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Annisa Alwahidah

Partini Partini

Nina Sawitri

Program Studi Agribisnis Universitas Islam Indragiri

 

 

 

ABSTRAK

Desa Harapan Raya memiliki perkebunan sagu yang cukup luas dan terdapat agroindustri pengolahan menjadi pati sagu basah. Petani menjual batang sagu kepada pabrik yang selanjutnya hasil olahan berupa pati sagu basah tersebut dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dan dikirim keluar daerah. Penentuan sampel petani dilakukan secara acak berjumlah 30 orang. Selanjutnya untuk menelusuri saluran pemasaran dilakukan dengan cara snowball. Analisis data meliputi analisis saluran pemasaran, margin, keuntungan, efisiensi dan farmer share. Terdapat tiga saluran pemasaran sagu basah di Desa Harapan Makmur Kecamatan Gaung Anak Serka, yaitu saluran I dari petani ke pabrik kemudian ke konsumen (masyarakat sekitar desa yang mengolah sagu basah), saluran II dari petani ke pabrik kemudian ke pengepul sagu basah di Teluk Pantaian dan dibawa ke Pabrik Besar Selat Panjang, saluran III dari petani ke pengepul tual kemudian ke  pabrik  selanjutnya ke pengepul sagu basah Teluk Pantaian ke konsumen (masyarakat desa Teluk Pantaian). Total biaya pemasaran saluran I sebesar Rp 341/kg, total biaya pemasaran saluran II Rp 471/kg dan saluran III Rp 569/kg. Total keuntungan pemasaran saluran I Rp 606/kg, total keuntungan pemasaran saluran II Rp 976/kg, dan total keuntungan pemasaran saluran III Rp 1.566/kg. Margin pemasaran saluran I Rp 880/kg, saluran II Rp 1.380/kg dan saluran III sebesar Rp 2.068/kg. Farmer share’s saluran I 56%, saluran II 45% dan saluran III 31%. Efisiensi pemasaran masing-masing saluran yakni saluran I sebesar 17,1%, saluran II sebesar 18,8%, saluran III yaitu sebesar 19,7%

Kata kunci: sagu basah, saluran pemasaran, margin, efisiensi

 

Sumber publikasi Jurnal Agribisnis, Vol. 12, No. 2 (2023)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren