ANALISIS PEMASARAN SAGU DI DESA HARAPAN MAKMUR KECAMATAN GAUNG ANAK SERKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
ANALISIS
PEMASARAN SAGU DI DESA HARAPAN MAKMUR KECAMATAN GAUNG ANAK SERKA KABUPATEN
INDRAGIRI HILIR
Annisa Alwahidah
Partini Partini
Nina Sawitri
Program Studi Agribisnis
Universitas Islam Indragiri
ABSTRAK
Desa Harapan Raya memiliki perkebunan sagu yang cukup luas dan terdapat
agroindustri pengolahan menjadi pati sagu basah. Petani menjual batang sagu
kepada pabrik yang selanjutnya hasil olahan berupa pati sagu basah tersebut
dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dan dikirim keluar
daerah. Penentuan sampel petani dilakukan secara acak berjumlah 30 orang.
Selanjutnya untuk menelusuri saluran pemasaran dilakukan dengan cara snowball.
Analisis data meliputi analisis saluran pemasaran, margin, keuntungan,
efisiensi dan farmer share. Terdapat tiga saluran pemasaran sagu basah di Desa
Harapan Makmur Kecamatan Gaung Anak Serka, yaitu saluran I dari petani ke
pabrik kemudian ke konsumen (masyarakat sekitar desa yang mengolah sagu basah),
saluran II dari petani ke pabrik kemudian ke pengepul sagu basah di Teluk
Pantaian dan dibawa ke Pabrik Besar Selat Panjang, saluran III dari petani ke
pengepul tual kemudian ke pabrik selanjutnya ke pengepul sagu basah Teluk
Pantaian ke konsumen (masyarakat desa Teluk Pantaian). Total biaya pemasaran
saluran I sebesar Rp 341/kg, total biaya pemasaran saluran II Rp 471/kg dan
saluran III Rp 569/kg. Total keuntungan pemasaran saluran I Rp 606/kg, total
keuntungan pemasaran saluran II Rp 976/kg, dan total keuntungan pemasaran
saluran III Rp 1.566/kg. Margin pemasaran saluran I Rp 880/kg, saluran II Rp
1.380/kg dan saluran III sebesar Rp 2.068/kg. Farmer share’s saluran I 56%,
saluran II 45% dan saluran III 31%. Efisiensi pemasaran masing-masing saluran
yakni saluran I sebesar 17,1%, saluran II sebesar 18,8%, saluran III yaitu
sebesar 19,7%
Kata kunci: sagu basah, saluran pemasaran, margin, efisiensi
Sumber
publikasi Jurnal Agribisnis, Vol. 12, No. 2 (2023)
Komentar
Posting Komentar