ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH

 

ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH

Shalahudin Ismail1, SuhanaSuhana2, Qiqi Yuliati Zakiah3

1)UIN Bandung, Program Doktoral Pendidikan Islam, Indonesia

2)UIN Bandung, Program Doktoral Pendidikan Islam, Indonesia

3)UIN Bandung, Program Doktoral Pendidikan Islam, Indonesia

 

Abstrak:

Penelitian  ini  bertujuan  mengkaji  kebijakan  penguatan  pendidikan  karakter  untuk mewujudkan  Pelajar  Pancasila. Pendekatan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah pendekatan  kepustakaan,  metode  pengumpulan  datanyaberupadokumen-dokumen  dalam bentuk  buku,literatur  maupun  jurnal-jurnal  ilmiah.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa penguatan  pendidikan  karakter  dalam  mewujudkan  Pelajar  Pancasila  pada  dasarnya  adalah mendorong lahirnya manusia yang baik, yang memiliki enam ciri utama, yaitu bernalar kritis, kreatif,  mandiri,  beriman,  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia, bergotong  royong,  dan  berkebinekaan  global  dengan  harapan  agar peserta  didik  memiliki kemampuan  secara  mandiri  dalam  meningkatkan,  menggunakan  pengetahuannya,  mengkaji, dan  meninternalisasi  serta  memersonalisasi  nilai-nilai  karakter  dan  akhlak  mulia  yang  dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari.

Kata Kunci: Analsis Kebijakan, Pendidikan Karakter, Pelajar Pancasila

 

Sumber:

JMPIS

Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial

Volume 2, Issue1, Januari 2021

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren