ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
ANALISIS
FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
Husnul
Fuadi*, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin, Abdul Wahab Jufri
Program
Studi Magister PendidikanIPA, Pascasarjana Universitas Mataram
Abstrak:
Literasi sains adalah kemampuan menggunakan
pengetahuansainsuntuk meng-identifikasi
pertanyaan, memperoleh pengetahuan
baru, menjelaskan fenomena ilmiah
dan menyimpulkan berdasarkan
bukti-bukti ilmiah. Dimensi besar
literasi sains dalam
pengukurannya, yakni proses
sains, konten sains,
dan konteks aplikasi sains.Pengukuran literasi sains penting untuk
mengetahui sejauh mana kemelekan peserta
didik terhadap konsep –konsep sains
yang telah dipelajarinya. Selama
hampir 20 tahun terakhir sejak dirilis oleh PISA, literasi sains peserta didik
di Indonesia tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Penelitian ini
bertujuan untuk 1) menemukan faktor-faktor penyebab rendahnya literasi sains
peserta didik; 2)
mencari informasi yang
relevan dengan faktor-faktor
penyebab rendahnya literasi sains peserta didik; dan 3) mengkaji
sejumlah teori dasar yang relevan
faktor-faktor penyebab rendahnya
literasi sains peserta
didik. Metode penelitian yang
digunakan adalah studi
literatur dengan cara
mengadakan studi penelaahanterhadap buku-buku,
artikel-artikel,
catatan-catatan, dan laporan-laporan dan
sumber informasi lainnya
yang berkaitan dengan
rendahnya literasi sains peserta
didik. Data yang diperoleh dari hasil studi leteratur tersebut kemudian
dikompilasi dan dianalisis berdasarkan kajian tema. Hasil analisis data
ditemukan bahwa faktor-faktor yang
menyebabkan rendahnya literasi
sains peserta didik diantaranya adalah
pemilihan buku ajar,
miskonsepsi, pembelajaran yang
tidak kontekstual, dan kemampuan
membaca peserta didik.Kondisi
ini mengharuskan pakar dan
praktisi pendidikan Indonesia
untuk lebih berbenah
lagi dalam merancang dan
melaksanakan pendidikan sains,
agar mampu bersaing
dengan negara-negara lain dalam berkompetisi diberbagai bidang kehidupan
di era revolusi industri 4.0 pada abad 21 ini.
Kata kunci: Rendahnya literasi sains, Dimensi literasi
sains, Pengukuran literasi sains dan Revolusi industri 4.0.
Sumber:
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,
5 (2): 108 –116
Komentar
Posting Komentar