ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

 

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

Husnul Fuadi*, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin, Abdul Wahab Jufri

Program Studi Magister PendidikanIPA, Pascasarjana Universitas Mataram

 

Abstrak:

Literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuansainsuntuk meng-identifikasi   pertanyaan,   memperoleh   pengetahuan   baru,   menjelaskan fenomena  ilmiah  dan  menyimpulkan  berdasarkan  bukti-bukti  ilmiah.  Dimensi besar  literasi  sains  dalam  pengukurannya,  yakni  proses  sains,  konten  sains,  dan konteks aplikasi sains.Pengukuran literasi sains penting untuk mengetahui sejauh mana   kemelekan  peserta  didik  terhadap  konsep –konsep  sains   yang  telah dipelajarinya. Selama hampir 20 tahun terakhir sejak dirilis oleh PISA, literasi sains peserta didik di Indonesia tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan faktor-faktor penyebab rendahnya literasi sains peserta  didik;  2)  mencari  informasi  yang  relevan  dengan  faktor-faktor  penyebab rendahnya literasi sains peserta didik; dan 3) mengkaji sejumlah teori dasar yang relevan  faktor-faktor  penyebab  rendahnya  literasi  sains  peserta  didik.  Metode penelitian  yang  digunakan  adalah  studi  literatur  dengan  cara  mengadakan  studi penelaahanterhadap   buku-buku,   artikel-artikel,   catatan-catatan,   dan   laporan-laporan  dan  sumber  informasi  lainnya  yang  berkaitan  dengan  rendahnya  literasi sains peserta didik. Data yang diperoleh dari hasil studi leteratur tersebut kemudian dikompilasi dan dianalisis berdasarkan kajian tema. Hasil analisis data ditemukan bahwa  faktor-faktor  yang  menyebabkan  rendahnya  literasi  sains  peserta  didik diantaranya  adalah  pemilihan  buku  ajar,  miskonsepsi,  pembelajaran  yang  tidak kontekstual,  dan  kemampuan  membaca  peserta  didik.Kondisi  ini  mengharuskan pakar   dan   praktisi   pendidikan   Indonesia   untuk   lebih   berbenah   lagi   dalam merancang  dan  melaksanakan  pendidikan  sains,  agar  mampu  bersaing  dengan negara-negara lain dalam berkompetisi diberbagai bidang kehidupan di era revolusi industri 4.0 pada abad 21 ini. 

Kata kunci: Rendahnya literasi sains, Dimensi literasi sains, Pengukuran literasi sains dan Revolusi industri 4.0.

 

Sumber:

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,

5 (2): 108 –116

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren