PERAN ORANG TUA DALAM MENDORONG MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

 

PERAN ORANG TUA DALAM MENDORONG

MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

 

Siti Qomariyah

Deni Adi Putra

Fajar Setiawan

Universitas Muhammadiyah Surabaya

 

ABSTRAK

 

Penelitian   ini   dilaksanakan   sebagai   analisis   literatur   yang   di-tujukan   untuk menguraikan peranan orang tua dalam men-dorong motivasi belajar siswa di tingkat sekolah dasar ber-dasarkan temuan dari berbagai artikel. Dalam mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan memfokuskan pada penguraian, identifikasi, dan eksplorasi secara mendalam terhadap temuan dari studi-studi yang telah dilakukan sebelumnya. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini mencakup jurnal dan artikel. Proses analisis data pada kajian literatur ini   melibatkan   beberapa   tahap   seperti   identifikasi   sumber, seleksi   literatur, pembuatan sinopsis, sintesis tema, analisis komparatif, penentuan kesimpulan, serta evaluasi dari kredibilitas sumber yang digunakan. Penelitian yang dilakukan mengungkap bahwa keterlibatan orang tua secara langsung berkontribusi terhadap motivasi belajar siswa, dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Pentingnya dukungan orang tua dalam proses edukasi anak terbukti krusial, namun sering kali dihadapkan pada hambatan seperti kesibukan orang tua dan minimnya kesadaran mengenai keutamaan pendidikan.

 

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar.

 

Sumber publikasi Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 Nomor 02, Juni 2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kapabilitas Proses Produk Farmasi X Dengan Pendekatan Six Sigma Di Pt Y

Analisis Pengaruh Hifdz Al Maal Terhadap Pengelolaan Harta Pada Pedagang Muslim Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi

Pengaruh Kemudahan, Kecepatan dan Keamanan Penggunaan Qris Pada UMKM Halal Kota Medan