PERAN ORANG TUA DALAM MENDORONG MOTIVASI BELAJAR SISWA SD
PERAN ORANG TUA DALAM MENDORONG
MOTIVASI BELAJAR SISWA SD
Siti Qomariyah
Deni Adi Putra
Fajar Setiawan
Universitas Muhammadiyah Surabaya
ABSTRAK
Penelitian ini
dilaksanakan sebagai analisis
literatur yang di-tujukan
untuk menguraikan peranan orang tua dalam men-dorong motivasi belajar
siswa di tingkat sekolah dasar ber-dasarkan temuan dari berbagai artikel. Dalam
mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif
dengan memfokuskan pada penguraian, identifikasi, dan eksplorasi secara
mendalam terhadap temuan dari studi-studi yang telah dilakukan sebelumnya.
Sumber yang digunakan dalam penelitian ini mencakup jurnal dan artikel. Proses
analisis data pada kajian literatur ini
melibatkan beberapa tahap
seperti identifikasi sumber, seleksi literatur, pembuatan sinopsis, sintesis tema,
analisis komparatif, penentuan kesimpulan, serta evaluasi dari kredibilitas
sumber yang digunakan. Penelitian yang dilakukan mengungkap bahwa keterlibatan
orang tua secara langsung berkontribusi terhadap motivasi belajar siswa,
dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Pentingnya dukungan
orang tua dalam proses edukasi anak terbukti krusial, namun sering kali
dihadapkan pada hambatan seperti kesibukan orang tua dan minimnya kesadaran
mengenai keutamaan pendidikan.
Kata
Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar.
Sumber
publikasi Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 Nomor 02, Juni 2024
Komentar
Posting Komentar