Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik
Pengaruh Media
Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar
Peserta Didik
Deiby Tiwow
Universitas Katolik De La
Salle
Veronica Wongkar
Universitas Katolik De La
Salle
Navel Oktaviandy Mangelep
Universitas Negeri Manado
Edino Ayub Lomban
Universitas Katolik De La
Salle
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan (a) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas yang diajarkan
dengan media animasi powtoon dan media konvensional. (b) Untuk mengetahui
pengaruh interaksi antara media animasi powtoon terhadap hasil belajar jika
ditinjau dari minat belajar. (c) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas
yang diajarkan dengan media animasi powtoon dan media pembelajaran konvensional
untuk kelas peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi. (d) Untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar kelas yang diajarkan dengan media animasi
powtoon dan media konvensional untuk kelas yang memiliki minat belajar rendah.
Jenis penelitian yaitu Quasi Experimental dengan menggunakan Treatment by level
design. Sampel dalam penelitian ini adalah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan Angket Minat dan Tes Hasil Belajar. Analisis data
menggunakan Analisis Varians-2 Arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a)
Hasil belajar kelas yang diajarkan dengan media animasi powtoon lebih tinggi
dari kelas yang diajarkan media konvensional. (b) Terdapat pengaruh interaksi
antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. (c) Untuk
kelas yang memiliki minat belajar tinggi, hasil belajar kelas yang diajarkan
dengan media animasi powtoon lebih tinggi dari kelas yang diajarkan dengan
media konvensional. (d) Untuk kelas yang memiliki minat belajar rendah, hasil
belajar kelas yang diajarkan dengan media animasi powtoon lebih tinggi dari
media konvensional.
Kata
kunci: Powtoon as an animation media, Learning interest, Learning Outcomes,
Mathematics
Sumber publikasi Jurnal Focus
Action of Research Mathematic, Vol. 4, No. 2 (2022)
Komentar
Posting Komentar