PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR MATERI STRUKTUR, BENTUK DAN FUNGSI DAUN
PENINGKATAN
HASIL BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH
DASAR MATERI STRUKTUR, BENTUK DAN FUNGSI DAUN
Siti Erwinsyah Sagala
Universitas Terbuka
Muhammad Erfan
Universitas Mataram
ABSTRAK
Pembelajaran IPA di kelas empat Sekolah Dasar Negeri Teluk Pulai Dalam
menunjukkan bahwa pembelajaran IPA belum dilaksanakan secara maksimal karena
guru masih menggunakan metode pembelajaran hafalan dan jarang menggunakan alat
peraga. Metode ceramah sering dilupakan, membuat siswa kurang terlibat dalam
penemuan konsep, teori, hukum dan prinsip. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui keberhasilan belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan
metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan Metode Penelitian Tindakan Kelas. Yang mana dalam proses pelaksanaan
penelitiannya terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV
SD Negeri 114614 Teluk Pulai Dalam yang berjumlah 23 orang. Tes, grafik observasi
guru dan siswa digunakan sebagai alat penelitian. Hasil penelitian ini
dilakukan tidak kurang dari 2 siklus yaitu Tes Siklus I dan Siklus II dilakukan
pada setiap akhir siklus untuk menilai peningkatan hasil belajar siswa. Pada
siklus I, hanya 13 siswa (56,52%) yang mampu menjawab soal dengan benar. Yang
lain belum siap. Namun setelah berakhirnya siklus II jumlah siswa mencapai 21
siswa (91,30%), 2 orang lainnya dapat menjelaskan namun tidak terlalu tepat.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode demonstrasi pada ilmu struktur, bentuk dan fungsi daun di kelas IV SD
Negeri 114614 Teluk Pulai Dalam berhasil karena meningkatkan hasil belajar
siswa.
Kata kunci: demonstrasi, hasil belajar, ipa, biologi, daun, tumbuhan
Sumber publikasi Biochephy:
Journal of Science Education, Vol. 2, No. 2 (2022)
Komentar
Posting Komentar