Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
Penggunaan
Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
Ika Lis Mariatun
Ahmad Alhasir
Hosniyah Hosniyah
A Awaluddin Rois
STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi pelajaran tema 9 subtema
2 tentang bentuk usaha dalam kegiatan ekonomi terhadap hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini dengan dua siklus.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi penilaian
hasil belajar siswa dan refleksi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti
yaitu tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining (SFAE) menggunakan lima langkah yaitu: pembagian kelompok, penyampaian
materi, siswa (facilitator) menjelaskan kepada siswa lain, pengerjaan tugas
kelompok, dan permainan quiz pelajaran. Hasil analisis menunjukkan hasil
belajar pengetahuan siswa pada pra tindakan (siklus 1) mencapai 25% dengan
kategori kurang baik. Hasil belajar pengetahuan siswa pada tindakan (siklus 2)
mencapai 90% atau dalam kategori sangat baik. Jadi penerapan model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar
pelajaran tema 9 subtema 2 tentang bentuk usaha dalam kegiatan ekonomi pada
siswa
Kata kunci: audiovisual, student facilitator and explaining learning model,
student learning outcomes.
Sumber publikasi Jurnal
Basicedu, Vol. 7, No. 6 (2023)
Komentar
Posting Komentar