Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok
Pengaruh
Metode Diskusi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 09
Belakang Balok
Mai Sri Lena
Hana Shilfia Iraqi
Santi Oktavia
Annisaul Mutmainnah
Universitas Negeri Padang
ABSTRAK
Maksud dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk menganalisis
dampak dari metode diskusi yang dilakukan terhadap minat belajar siswa SD
Negeri 09 Belakang Balok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah survei
lapangan langsung kepada siswa kelas IV SD Negeri 09 Belakang Balok. Pada
penelitian ini, sudah menggunakan analisis berbasis adalah deskriptif
kuantitatif, yaitu sesuatu yang akan dipelajari dideskripsikan, diteliti dan
dijelaskan sedemikian rupa, dan ditarik kesimpulan tentang fenomena yang dapat
diamati dengan menggunakan angka. Instrumen yang digunakan adalah dengan
memberikan angket yang berisi pernyataan kepada peserta didik, yang kemudian
dijawab oleh siswa sesuai dengan pernyataan dalam angket tersebut. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan metode diskusi ini sangat
mempengaruhi minat belajar peserta didik selama kegiatan pembelajaran
berlangsung.
Kata kunci: Metode diskusi, minat belajar peserta didik
Sumber publikasi Jurnal Pendidikan
dan Konseling, Vol. 5, No. 3 (2023)
Komentar
Posting Komentar