Hubungan Antara Gaya Mengajar Interaksional Guru Dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Perwanida Muara Enim
Hubungan Antara Gaya Mengajar Interaksional Guru Dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Perwanida Muara Enim
Nova Damayanti
Universitas Islam Negeri Raden
Fatah Palembang
Leny Marlina
Universitas Islam Negeri Raden
Fatah Palembang
Muhtarom
Universitas Islam Negeri Raden
Fatah Palembang
ABSTRAK
Penelitin ini berjudul “Hubungan antara gaya mengajar interaksioanal guru
dengan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Ra Perwanida Muara Enim”.
Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini (1) Bagaimana gaya mengajar
guru di Ra Perwanida Muara Enim (2) Bagaimana kemampua kognitif anak di Ra
Perwanida Muara Enim (3) Apakah ada hubungan antara gaya mengajar interaksional
guru dengan kemampuan kognitif anak di Ra Perwanida Muara Enim. Tujuan
penelitian ini (1) Untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru di Ra
Perwanida Muara Enim (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif anak di
Ra Perwanida Muara Enim (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara gaya
mengajar interakssional guru dengan kemampuan kognitif anak di Ra Perwanida
Muara Enim. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasi product moment Pearson. Jumlah sampel anak yang digunakan
15 terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu menggunakan observasi dengan melakukan pengamatan langsung
ke sekolah, kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian data akan dianalisis dengan
menggunakan uji reliabilits, normalitas, linieritas, dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitiian menunjukkan bahwa
koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y, ,dari hasil output yang diolah diketahui
nilai rhittung> rtabel
(4,433>1771) yang menunjukkan tingkat hubungan yang kuat, sehingga HO ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara
gaya mengajar interaksional guru dan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di
RA Perwanida Muara Enim.
Kata kunci: Gaya Megajar Interaksional Guru, Perkembangan Kogitif Anak
Sumber publikasi Jurnal Pendidikan
dan Konseling, Vol. 5, No. 2 (2023)
Komentar
Posting Komentar