Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Jam Sudut
Peningkatan
Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut Melalui Model Pembelajaran
Problem Based Learning Berbantuan Media Jam Sudut
Rahmatun Nisa
Universitas Negeri Semarang
Fitria Dwi Prasetyaningtyas
Universitas Negeri Semarang
Dwi Priyani
SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan
hasil belajar matematika materi sudut melalui model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan media jam sudut pada peserta didik kelas III SD Negeri
Ngaliyan 03 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) atau Classroom Action Research yang dilaksanakan oleh Mahasiswa PPG
Prajabatan Gelombang I. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD
Negeri Ngaliyan 03 Semarang, yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil
belajar matematika peserta didik kelas III SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang pada
materi sudut setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
berbantuan media jam sudut. Hal ini dibuktikan dengan persentase aktivitas
belajar peserta didik pada siklus I sebesar 81,6% dan pada siklus II meningkat
sebesar 93,4%. Dimana persentase tersebut sudah berhasil melebihi indikator
keberhasilan pada predikat baik (B) yang ditargetkan. Serta adanya ketuntasan
hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 67,9%, kemudian pada siklus
II meningkat sebesar 89,3%. Dimana ketuntasan tersebut juga telah melebihi
indikator keberhasilan 70% yang ditargetkan.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Jam
Sudut, Matematika
Sumber publikasi Jurnal
Pendidikan dan Konseling (JPDK), Vol. 5, No. 4 (2023)
Komentar
Posting Komentar