STRATEGI DESAIN KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA JUAL PRODUK UMKM KELURAHAN LABUHAN DALAM BANDARLAMPUNG
STRATEGI DESAIN
KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA JUAL PRODUK UMKM KELURAHAN LABUHAN DALAM
BANDARLAMPUNG
Almira Devita Putri
Berlintina
Permatasari
Emi Suwarni
Manajemen, Fakultas
Ekonomi dan Bisnin, Universitas Teknokrat Indonesia
ABSTRAK
UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang
memiliki kemandirian dan berpotensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini
mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai
8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia
meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat
menghimpun sampai 60,4% dari total investasi (bkpm.go.id). Adanya kemajuan
teknologi membuat para pelaku usaha kini bisa memulai bisnisnya dan
mengembangkannya melalui bantuan teknologi. Oleh karena itu, sangat tepat untuk
memberikan pelatihan mengenai strategi pemasaran yang bertujuan untuk
meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dimiliki UMKM. Pengabdian Kepada
Masyarakat ini dilakukan dengan memfokuskan pada strategi desain kemasan secara
mendalam yang meliputi pentingnya desain kemasan, unsur-unsur penting dalam
kemasan, dan cara membuat kemasan yang menarik di era saat ini. Dengan demikian
diharapkan, UMKM yang ada di Kelurahan Labuhan Dalam memiliki strategi desain
kemasan yang menarik serta mampu meningkatkan aktivitas perekonomian di
Kelurahan Labuhan Dalam
Kata kunci: UMKM; Pemasaran; Desain Kemasan; Penjualan;
Strategi
Sumber: Journal of Social Sciences and Technology for
Comunity Service (JSSTCS) Universitas Teknokrat Indonesia, Vol. 4, No. 1 (2023)
Komentar
Posting Komentar