FENOMENA PENERAPAN METODE VARIABLE COSTING DALAM ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL MARTABAK

 

FENOMENA PENERAPAN METODE VARIABLE COSTING DALAM ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL MARTABAK

Ataya Samaro Islami Zahro

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda, Surabaya

Abu Darim

Institut Pesantren K. H. Abdul Chalim, Mojokerto

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan harga pokok produksi dalam menentukan harga jual dengan metode variable costing pada Martabak 77 Asli Putera Lebaksiu bulan Desember 2022. Sumber data yang digunakan adalah pemilik martabak dan dokumen berupa nota belanja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode variable costing memiliki hasil yang lebih rendah daripada harga yang ditentukan oleh pemilik akan tetapi jika harga di mark-up dengan presentase 35% harganya menjadi lebih tinggi dari pada harga awal.

 

Kata kunci: Harga pokok produksi, harga jual, dan metode variable costing

Sumber: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Vol. 2, No. 4 (2023)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren