FENOMENA PENERAPAN METODE VARIABLE COSTING DALAM ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL MARTABAK
FENOMENA PENERAPAN METODE
VARIABLE COSTING DALAM ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGA
JUAL MARTABAK
Ataya Samaro Islami Zahro
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Pemuda, Surabaya
Abu Darim
Institut Pesantren K. H. Abdul
Chalim, Mojokerto
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan harga pokok
produksi dalam menentukan harga jual dengan metode variable costing pada
Martabak 77 Asli Putera Lebaksiu bulan Desember 2022. Sumber data yang
digunakan adalah pemilik martabak dan dokumen berupa nota belanja. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi dengan
menggunakan metode variable costing memiliki hasil yang lebih rendah daripada
harga yang ditentukan oleh pemilik akan tetapi jika harga di mark-up dengan
presentase 35% harganya menjadi lebih tinggi dari pada harga awal.
Kata kunci: Harga pokok produksi, harga jual, dan metode variable costing
Sumber: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Vol. 2, No. 4 (2023)
Komentar
Posting Komentar