Pengembangan Lembar Peserta Didik Berbasis Project Based Learning pada Materi Lingkaran

 

Pengembangan Lembar Peserta Didik Berbasis Project Based Learningpada Materi Lingkaran

Nopa Deo Pani1*, Agus Dahlia2, Sari Herlina3, Leo Adhar Effendi4

1,2, 3,4Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau

 

ABSTRAK

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  menghasilkan  perangkat  pembelajaran  matematika  yang  berupa  Lembar  Kerja Peserta  Didik   yang  berbasis Project  Based  Learning pada   materi   lingkaran  untuk  SMP  kelas  VIII  yang kevalidannya telah teruji. Metode yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran tersebutadalah metode  pengembangan  atau  R&D  model  ADDIE.  Penelitian  ini  menggunakan  instrumen  yang  berupa  lembar validasi  LKPD.  Sedangkan  teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  data  validasi  dari  2  orang  dosen Pendidikan  Matematika  Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan  Universitas  Islam  Riau  dan  1  orang  guru matematika kelas VIII SMPN BINSUS DUMAI. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi. Hasil  penelitian  menunjukkan  LKPD  dengan  kategori  sangat  valid  dengan  rata-rata  total  85,54%.  Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh lah LKPD berbasis Project Based Learning pada materi lingkaran di kelas VIII yang teruji  kevalidannya.  Sehingga  perangkat  pembelajaran  yang  dihasilkan  dapat  didiagnosa  sebagai  perangkat  yang valid untuk digunakan di kelas.

Kata kunci: ADDIE, project based learning, lembar kerja peserta didik

 

Sumber:

Range: Jurnal Pendidikan Matematika
Volume 4, Nomor 1, Juli 2022, pp. 1-12

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren