Pengembangan Lembar Peserta Didik Berbasis Project Based Learning pada Materi Lingkaran
Pengembangan Lembar Peserta Didik Berbasis Project Based
Learningpada Materi Lingkaran
Nopa
Deo Pani1*, Agus Dahlia2, Sari Herlina3, Leo
Adhar Effendi4
1,2,
3,4Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam
Riau
ABSTRAK
Tujuan dari
penelitian ini adalah
menghasilkan perangkat pembelajaran
matematika yang berupa
Lembar Kerja Peserta Didik
yang berbasis Project Based
Learning pada materi lingkaran
untuk SMP kelas
VIII yang kevalidannya telah
teruji. Metode yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
tersebutadalah metode pengembangan atau
R&D model ADDIE.
Penelitian ini menggunakan
instrumen yang berupa
lembar validasi LKPD. Sedangkan
teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah
data validasi dari
2 orang dosen Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas
Islam Riau dan
1 orang guru matematika kelas VIII SMPN BINSUS DUMAI.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi. Hasil penelitian
menunjukkan LKPD dengan
kategori sangat valid
dengan rata-rata total
85,54%. Berdasarkan hasil
penelitian ini diperoleh lah LKPD berbasis Project Based Learning pada materi
lingkaran di kelas VIII yang teruji
kevalidannya. Sehingga perangkat
pembelajaran yang dihasilkan
dapat didiagnosa sebagai
perangkat yang valid untuk
digunakan di kelas.
Kata kunci: ADDIE,
project based learning, lembar kerja peserta didik
Sumber:
Range: Jurnal Pendidikan
Matematika
Volume 4, Nomor 1, Juli 2022, pp. 1-12
Komentar
Posting Komentar