ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS DENGANPERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK KELASV PADA BUKU TEMATIK TEMA 8 SUB TEMA 3 MEMELIHARA EKOSISTEM

 

ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS DENGANPERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK KELASV PADA BUKU TEMATIK TEMA 8 SUB TEMA 3 MEMELIHARA EKOSISTEM

Siti Mastiyah

Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Jurusan Pendidikan Guru Madrasah

Ibtidaiyah Konsentrasi Sains Universitas Islam Negeri Sunan KaliJagaYogyakarta

 

Abstrak:

Tujuan    dari    penelitian    ini    adalah    1)    Untuk mengetahui strategi pembelajaran  apa yang sesuai dengan buku tematik pada tema 8, memelihara ekosistem di kelas V Sekolah Dasar 2)Untuk mengetahui psikologi perkembangan     apa     yang     muncul     dalam     strategi pembelajaran yang sesuai dengan buku tematik pada tema 8, memelihara ekosistem di kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian  yang  digunakan  yaitu  penelitian  kepustakaan (library  research),Adapun  tehnik  analisis  yang  digunakan dalam   penelitian   ini   adalah   teknik   analisis(content analysis.)Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi  yang sesuai dengan buku tematik pada tema 8, memelihara ekosistem di kelas V Sekolah Dasar yaitu perpaduan antara strategi question  students  havedan Picture  and  Picture. Dalam  perpaduan  dua  strategi  tersebut  terdapat  aspek perkembangan  psikologi  anak  yaitu  aspek  kognitif  dan sosial.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Sains, Psikologi Perkembangan, Buku Tematik

 

Sumber:

Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online)

Vol 2, No. 4, 416-429

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren