Analisis Pembiayaan Mudharabah Terhadap Tingkat Profitabilitas (Profit Margin) PT. Bank Negara Indonesia Syariah Makassar

 

Analisis Pembiayaan Mudharabah Terhadap Tingkat Profitabilitas (Profit Margin) PT. Bank Negara Indonesia Syariah Makassar

Muhammad Baedawi1*, Achmad Abubakar2, and Halimah Basri3

1 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar, 92113, South Sulawesi, Indonesia

2 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar, 92113, South Sulawesi, Indonesia

3 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar, 92113, South Sulawesi, Indonesia

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui produktifitas pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah apabila diukur dari total pembiayaan sebesar 100% pada PT. Bank Negara Indoensia (BNI) Syariah Makassar dan pengaruh Pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah Terhadap Tingkat Profitabilitasa (Profit Margin) pada PT. Bank Negara Indoensia (BNI) Syariah Makassar. populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah, perenam bulan dari januari 2016 sampai Desember 2018. metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Pembiayaan Menurut Yuliana (Keuanagan), mengemukakan bahwa standarisasi suatu pembiayaan dapat dikatakan produktif apabila konstribusi pembiayaan dan Analisis Keuangan (Net Profit Margin). Analisis menggunakan alat statistik SPSS dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Selanjutnya utuk membuktikan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini akan dilihat melalui uji koefisien determinasi, uji parsial (uji-t). Konstribusi pembiayaan mudharabah berada di bawah standar produktifitas yang ditentukanKon, stribusi pembiayaan musyarakah melawati standarisasi yang di tentukan produktifitas, Konstribusi pembiayaan murabahah berada di bawah standar produktifitas yang ditentukan, Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah, tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas.

Keywords: Pembiayaan Mudharabah, Profitabilitas

 

Sumber:
Volume 7 Issue 2 (2022) Pages 23 - 33

Jurnal Mirai Management

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren