PENGARUH PERSEPSI HARGA, PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN
PENGARUH PERSEPSI HARGA, PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI
TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN
Dewi
Sherly Yuliana
Erawati
Kartika
Sukristanta
Fakultas
Ekonomika dan Bisnis, Universitas AKI, Semarang
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh persepsi harga, pelayanan, fasilitas,
dan lokasi terhadap keputusan konsumen di PT Sumberharpindo Lestari Sentosa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitia kuantitatif dengan pendekatan deskriptif,
dimana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden
yang dipilih secara acak menggunakan rumus Slovin. Data yang terkumpul
dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga, pelayanan, fasilitas, dan
lokasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen baik secara
parsial maupun simultan. Secara simultan, keempat variabel ini dapat
menjelaskan 67,1% perubahan dalam keputusan konsumen, sementara sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil
tersebut, perusahaan disarankan untuk memperhatikan dan mengoptimalkan kebijakan
harga,kualitas pelayanan, fasilitas yang mendukung kenyamanan konsumen, serta pemilihan
lokasi yang strategis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat daya
saing perusahaan.
Kata Kunci:
Persepsi Harga, Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen
Sumber
publikasi VOL. 5 NO. 1 (2025): INDO-FINTECH INTELLECTUALS:
JOURNAL OF ECONOMICS AND BUSINESS (2025)
Komentar
Posting Komentar