Pengaruh Faktor Manajemen Internal terhadap Ketercapaian Indikator Mutu Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Pratama (Klinik X)
Pengaruh Faktor
Manajemen Internal terhadap Ketercapaian Indikator Mutu Pelayanan Kesehatan di Fasilitas
Kesehatan Pratama (Klinik X)
Fajar Saputra
Program Studi Sarjana Kesehatan
Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia Maju, Jakarta
Abstrak
Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), seperti
klinik pratama, memainkan peran yang sangat penting dalam memberikan pelayanan
kesehatan kepada masyarakat. Keberhasilan FKTP dalam menjalankan tugasnya dapat
dilihat dari ketercapaian indikator mutu pelayanan, yang mencakup berbagai
aspek seperti waktu tunggu, kepuasan pasien, cakupan imunisasi, dan efektivitas
pengobatan. Indikator-indikator ini
mencerminkan kualitas pelayanan yang diberikan dan menjadi tolok ukur
keberhasilan FKTP dalam melaksanakan perannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen internal
terhada ketercapaian indikator mutu pelayanan kesehatan di salah satu fasilitas
kesehatan pratama di Depok. Manajemen internal
terdiri dari empat variabel utama, yaitu pengelolaan sumber daya manusia (SDM),
kepatuhan terhadap standar operasional prosedur (SOP), supervisi dan evaluasi, serta
budaya kerja. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode
regresi logistik berganda dan melibatkan 32 responden yang terdiri dari tenaga
medis dan kepala FKTP (klinik x). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan
terhadap SOPmemiliki pengaruh paling signifikan dengan p-value 0,002 dan odds
ratio 14,03 terhadap ketercapaian mutu pelayanan, diikuti oleh pengelolaan SDM,
supervisi dan evaluasi, serta budaya kerja. Kesimpulan pada penelitian ini
dalah pengelolaan SDM yang baik dan budaya kerja yang kondusif juga terbukti
berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan temuan pada
hasil penelitian ini maka disaran untuk peningkatan pengelolaan manajemen
internal guna mencapai indikator mutu pelayanan yang lebih baik di masa depan.
Kata Kunci: Internal, Ketercapaian, Manajemen, Mutu
Sumber publikasi Vol 14 No 01 (2025): Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat
Komentar
Posting Komentar