Implementasi Pendidikan Islam Merdeka Belajar Berbasis Media Sosial
Implementasi Pendidikan Islam Merdeka Belajar Berbasis Media Sosial
Monik Andriani
Betty Mauli Rosa Bustam
Universitas Ahmad Dahlan
ABSTRAK
Adanya kemajuan teknologi menuntut pendidik untuk dapat beradaptasi dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis media sosial. Namun, pada pelaksanaaanya masih terdapat pendidik yang kurang mengerti dalam mengimplementasikan media sosial sebagai alat pendukung dalam proses kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, pentinganya edukasi mengenai implementasi media sosial dalam pembelajaran. Tujuan mengetahui bagaimana pengimplementasian pembelajaran pendidikan islam berbasis media sosial dalam merdeka belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research). Melalui kajian literatur ini peneliti berusaha menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau serta bersumber dari berbagai sumber yang memiliki kedalaman teori dari para ahli. Hasil penelitian ini bahwasannya dalam pengimplementasian pembelajaran Pendidikan Islam di era merdeka belajar sangat diperlukan karena sesuai dengan merdeka belajar siswa dan guru diberikan kebebasan dalam pelaksanaan pembelajaran, hal ini sangat dibutuhkan adanya peran media sosial dalam mendukung proses pembelajaran merdeka belajar. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pemanfaatan media sosial bagi guru dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di era Merdeka belajar.
Kata kunci: Media sosial, Pendidikan Islam, Merdeka belajar
Sumber publlikasi Reslaj: Religion Education Social
Laa Roiba Journal: Vol 6 No 2 (2024)
Komentar
Posting Komentar