HUBUNGAN MUTU PELAYANANKEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG ICU
HUBUNGAN MUTU PELAYANANKEPERAWATAN DENGAN
TINGKAT
KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG ICU
Nuryatul Hasanah
Mahasiswa Keperawatan Universitas Yatsi Madani
Muhammad Martono Diel
Dosen Keperawatan Universitas Yatsi Madani
Inna Mukhaira
Dosen Gizi Universitas Yatsi Madani
ABSTRAK
Pelayanan Rumah Sakit saat ini sudah mulai berkembang,
Rumah Sakit semakin memiliki kesadaran atas peningkatan pelayanan agar mutu dan
kepuasan pasien dapat meningkat. Pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit harus
berkualitas dan memenuhi lima dimensi mutu utama yaitu tangibles, reliability, responsiveness,
assurance, dan emphaty. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di ruang ICU
Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Desain penelitian ini deskriptif kuantitatif
yang menggunakan desain analisis korelasi dengan pendekatan cross-sectional.
Sampel sebanyak 91 responden. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar berusia
<30 tahun (57,1%), laki-laki (58,2%), Pendidikan menengah (56,0%) bekerja
(68,2%) menikah (58,2%), mutu pelayanan keperawatan baik (75,8%) dan kepuasan
keluarga kategori puas (72,5%). Ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan
tingkat kepuasan keluarga pasien di Ruang ICU Rumah Sakit Kanker Dharmais
dengan uji korelasi Fisher's Exact Test dengan pvalue: 0,000 (α: <0,05).
Diharapkan mendapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di unit agar
kepuasan keluarga meningkat dengan cara memperhatikan demensi kepuasan.
Kata kunci: Mutu Keperawatan, Kepuasan, Keluarga
pasien
Sumber publikasi Jurnal Kesehatan: Vol. 13 No. 1
(2024)
Komentar
Posting Komentar