PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO

PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO

 
Ananda Lisa Adelia
Tri Sudarwanto
Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya
 

Abstrak

 

Minat siswa SMK untuk terlibat dalam kewirausahaan masih cukup rendah, meskipun telah terpapar pada konten kewirausahaan sepanjang pendidikan mereka. Situasi ini menunjukkan perlunya penyelidikan yang lebih dalam untuk memahami elemen-elemen yang dapat memengaruhi minat, penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dampak pengetahuan kewirausahaan, efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap minat kewirausahaan di antara siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei untuk teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan secara positif dan signifikan memengaruhi minat siswa dalam berwirausaha. Sementara itu, efikasi diri tidak memiliki dampak yang nyata. Variabel lingkungan keluarga menunjukkan efek yang nyata namun merugikan pada minat berwirausaha. Ketika diperiksa bersama-sama, ketiga variabel ini telahterbukti secara signifikan memengaruhi minat siswa untuk mengejar karier di bidang bisnis. Hasil ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara sekolah dan bantuan keluarga dalam membangun lingkungan yang mendukung kewirausahaan di kalangan siswa. Temuan tersebut berharap menjadi refrsensi kepada sekolah dan pembuat kebijakan dalam menciptakan strategi pembelajaran yang lebih terfokus untuk mengembangkan identitas kewirausahaan yang kuat pada siswa sekolah kejuruan.

 

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga; Minat Berwirausaha; Pengetahuan Kewirausahaan; Self Efficacy

 

Sumber publikasi Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol. 13 No. 2 (2025): (In Press)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren