PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO
PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO
Ananda Lisa Adelia
Tri Sudarwanto
Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomika dan
Bisnis, Universitas Negeri Surabaya
Abstrak
Minat
siswa SMK untuk terlibat dalam kewirausahaan masih cukup rendah, meskipun telah
terpapar pada konten kewirausahaan sepanjang pendidikan mereka. Situasi ini
menunjukkan perlunya penyelidikan yang lebih dalam untuk memahami elemen-elemen
yang dapat memengaruhi minat, penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dampak pengetahuan
kewirausahaan, efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap minat
kewirausahaan di antara siswa kelas XII di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Metode
penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei
untuk teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan metode regresi linier
berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa
pengetahuan kewirausahaan secara positif dan signifikan memengaruhi minat siswa
dalam berwirausaha. Sementara itu, efikasi diri tidak memiliki dampak yang nyata.
Variabel lingkungan keluarga menunjukkan efek yang nyata namun merugikan pada minat
berwirausaha. Ketika diperiksa bersama-sama, ketiga variabel ini telahterbukti
secara signifikan memengaruhi minat siswa untuk mengejar karier di bidang bisnis.
Hasil ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara sekolah dan bantuan keluarga
dalam membangun lingkungan yang mendukung kewirausahaan di kalangan siswa.
Temuan tersebut berharap menjadi refrsensi kepada sekolah dan pembuat kebijakan
dalam menciptakan strategi pembelajaran yang lebih terfokus untuk mengembangkan
identitas kewirausahaan yang kuat pada siswa sekolah kejuruan.
Kata
Kunci: Lingkungan Keluarga; Minat Berwirausaha; Pengetahuan Kewirausahaan; Self
Efficacy
Sumber
publikasi Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol. 13 No. 2 (2025): (In Press)
Komentar
Posting Komentar