PENGARUH MANAJEMEN PUSKESMAS TERHADAP MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DI LINGKUNGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT
PENGARUH MANAJEMEN PUSKESMAS TERHADAP
MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DI LINGKUNGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN SERAM BAGIAN
BARAT
Aswad Rotasouw
Andi Alim
Zamli
Eka fadly Jusuf
Universitas Mega Buana Palopo
Abstrak
Pembangunan
kesehatan yang berkualitas mampu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan
hidup sehat secara mandiri bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan
masyarakat yang optimal. Masyarakat cenderung menuntut pelayanan umum yang
lebih baik, lebih ramah dan lebih bermutu termasuk pelayanan kesehatan. Dengan
semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan maka
fungsi pelayanan kesehatan dasar di puskesmas secara bertahap perlu terus
ditingkatkan agar menjadi lebih efektif dan efisien. Tujuan: penelitian ini
adalah untuk mengetahui hubungan Manajemen Puskesmas terhadap Mutu Pelayanan
Puskesmas di Lingkungan Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2024. Metode:
Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain Cross Sectional Study.
Partisipannya mencakup 308 responden, terdiri dari Kepala Puskesmas, Kepala
Tata Usaha, dan staf pelayanan dari 22 puskesmas di Kabupaten Seram Bagian
Barat. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis menggunakan SPSS,
meliputi analisis univariat, bivariat, dan uji chi-square untuk multivariat.
Hasil menunjukkan beberapa faktor yang berkorelasi dengan kualitas layanan
puskesmas. Faktor yang paling signifikan adalah pengawasan, pengendalian dan
penilaian (p=0,000), serta penguatan penggerakan dan pelaksanaan (p=0,000).
Perencanaan juga berpengaruh signifikan (p=0,001). Semua hubungan ini
diverifikasi menggunakan uji chisquare.
Kata
kunci: Mutu Pelayanan, Puskesmas, Manajemen Puskesmas
Sumber publikasi Journal Peqguruang: Conference Series/Volume 6, Nomor 2, November (2024)
Komentar
Posting Komentar