Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Perawat melalui Kualitas Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Bluto, Kabupaten Sumenep

Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Perawat melalui Kualitas Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Bluto, Kabupaten Sumenep


Kartono
Rusdiyanto
Woro Utari
Universitas Wijaya Putra Surabaya
 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja perawat dengan mempertimbangkan peran kualitas pelayanan keperawatan sebagai variabel mediasi. Studi dilakukan di Puskesmas Bluto, Kabupaten Sumenep, yang menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama di wilayah tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori. Sebanyak 37 perawat menjadi responden penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan keperawatan (koefisien 0,461; p = 0,001) dan kinerja perawat (koefisien 0,343; p = 0,003). Sebaliknya, stres kerja berdampak negatif signifikan terhadap kualitas pelayanan keperawatan (koefisien -0,362; p = 0,02) tetapi tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kinerja perawat (koefisien -0,129; p = 0,290). Selain itu, kualitas pelayanan keperawatan terbukti memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja perawat (koefisien 0,526; p = 0,000). Lebih jauh, kualitas pelayanan keperawatan terbukti memediasi hubungan antara beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja. Beban kerja meningkatkan kinerja melalui kualitas pelayanan (koefisien 0,243; p = 0,020), sementara stres kerja menurunkan kinerja melalui jalur yang sama (koefisien -0,191; p = 0,040). Penelitian ini menegaskan pentingnya pengelolaan beban kerja dan stres untuk meningkatkan kinerja perawat melalui peningkatan kualitas pelayanan keperawatan.

 

Kata Kunci: Beban Kerja, Stres Kerja, Kinerja Perawat, Kualitas Pelayanan Keperawatan.

 

Sumber publikasi Vol. 4 No. 1 (2025): April-September: JUMMA'45: Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren