Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa
Pengaruh Literasi Keuangan dan
Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa
Dhania Ni’ma Ariria
Titik Ulfatun
Universitas Muhammadiyah Surakarta,
Indonesia
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri
terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X dan XI akuntansi dan keuangan di SMK
negeri 6 Surakarta. Perilaku konsumtif yang tinggi di kalangan pelajar dapat
mempengaruhi pengelolaan keuangan pribadi mereka di masa depan. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, dimana data dikumpulkan
melalui kuesioner yang dibagikan kepada 141 siswa yang dipilih menggunakan rumus
slovin. Variabel yang diteliti meliputi literasi keuangan (X1), pengendalian
diri (X2), dan perilaku konsumtif (Y). Data yang terkumpul dianalisis
menggunakan regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif
siswa, yang berarti semakin tinggi literasi keuangan siswa, semakin besar kecenderungannya
untuk mengeluarkan uang secara konsumtif. Sebaliknya, pengendalian diri berpengaruh
negatif terhadap perilaku konsumtif, menunjukkan bahwa siswa dengan pengendalian
diri yang lebih baik cenderung lebih bijak dalam mengelola pengeluaran mereka. Uji
regresi menunjukkan bahwa kedua variabel ini berpengaruh signifikan terhadap
perilaku konsumtif siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi keuangan
yang baik dapat mendorong perilaku konsumtif, namun pengendalian diri yang tinggi
dapat mengurangi kecenderungan tersebut. Keterbatasan penelitian ini adalah
fokus hanya pada dua variabel sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnya
dapat menambahkan variabel lain yang relevan untuk mendapatkan pemahaman yang
lebih komprehensif.
Kata
Kunci: Literasi Keuangan; Pengendalian Diri; Perilaku Konsumtif; Siswa; SMK
Komentar
Posting Komentar