PENGARUH PROMOTION WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK MOCACINOPADA TOKO MEISYADI SAMPIT
PENGARUH PROMOTION WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK MOCACINOPADA TOKO MEISYADI SAMPIT
Eko Cahyo Purnomo
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit
Abstrak
Penelitian ini dilakukan pada Toko Meisya yang beralamat di Jalan D.I PenjaitanNo. 01 RT. 024 RW. 004 Mentawa Baru Hilir, Mentawa Baru Ketapang, Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan Accidental sampling. Dan data diuji dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis. Untuk analisis data penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, dan analisis determinasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini adalah uji-t (parsial) untuk variabel Promotion Word Of Mouth(X1) yaitu thitung7.516 > t tabel 1.99346 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan antara promotion word of mouth terhadap keputusan pembelian. Sedangkan uji-t (parsial) untuk variabel Citra Merek (X2) yaitu t hitung 7.890 > t tabel 1.99346 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian. Kemudian untuk uji-f (simultan) f hitung 88.977 > f table 3,12 dan Tingkat signifikan 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh promotion word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian Rokok Mocacino pada Toko Meisya di Sampit. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh angka R sebesar 0,844 menunjukkan bahwa promotion word of mouth (X1) dan citra merek (X2) secara bersama-sama memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian Rokok Mocacino. R square sebesar 0,712 artinya 71,2% variable keputusan pembelian (Y). Sedangkan sisanya sebesar 28.8% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini seperti harga, saluran distribusi, dan kualitas produk. Untuk hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 4,454 + 0,431 (X1) + 0,327 (X2) artinya nilai konstanta (α) menunjukkan apabila tidak ada kenaikan dari variabel promotion word of mouth dan citra merek, maka nilai keputusan pembelian adalah sebesar 4,454. Dan setiap penambahan satu nilai variabel promotion word of mouth memberikan kenaikan sebesar 0,431 terhadap Keputusan pembelian Rokok Mocacino dengan syarat X2 tetap, serta setiap penambahan satu nilai variabel citra merek memberikan nilai yang sama sebesar 0,327 terhadap keputusan pembelian Rokok Mocacino dengan X1 tetap.
Kata Kunci: Promotion Word Of Mouth, Citra Merek, Dan Keputusan Pembelian.
Komentar
Posting Komentar