PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN CERDAS PERKALIAN TERHADAP UNTUK HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 DI MI AL-QURANIYAH BENGKULU SELATAN
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN
CERDAS PERKALIAN TERHADAP UNTUK HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 DI MI
AL-QURANIYAH BENGKULU SELATAN
Kanti Aldino Hadi
Uci Purnama Sari
Alfin Julianto
STIT Al-Quraniyah Manna
Abstrak
Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model the nonequivalent
pretest-posttest control. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah siswa
kelas 2 merasa kesulitan dan belum memahami materi perkalian, selain itu guru
tidak kreatif dalam penggunaan media dan kemampuan dalam penyusunan media
belajar belum memadai. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil
belajar matematika antara siswa kelas 2 MI Al-Quraniyah Bengkulu Selatan yang
belajar menggunakan media papan cerdas perkalian terhadap siswa yang
mendapatkan pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode eksperimen
semu. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes
serta dokumentasi, sedangkan teknik untuk menganalisis data menggunakan metode
deskriptif dan uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa
posttest siswa kelas eksperimen dan kelas control adalah (3,10 ≥ 2,01), yang
berarti (H2) diterima sedangkan (H0) ditolak. Dengan demikian penulis
menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media papan cerdas perkalian
untuk hasil belajar matematika siswa kelas 2 di MI Al-Quraniyah Bengkulu
Selatan.
Kata
Kunci: hasil belajar, papan cerdas perkalian.
Sumber
publikasi Jurnal MATH-UMB.EDU Vol. 10 (2), Tahun 2023
Komentar
Posting Komentar