TANTANGAN DAN STRATEGI MENGATASI PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 2 SURABAYA
TANTANGAN DAN STRATEGI MENGATASI
PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 2 SURABAYA
Laela Nur Afifah
Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan serta strategi dalam mengatasi
permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Surabaya. Pendekatan
kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode utama berupa wawancara
mendalam. Sampel penelitian terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam di MIN 2
Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi
meliputi keterbatasan sumber daya, variasi latar belakang siswa, dan kurangnya
dukungan teknologi dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi tantangan ini,
beberapa strategi yang telah diimplementasikan antara lain peningkatan
kapasitas guru melalui pelatihan rutin, pengembangan materi pembelajaran yang
lebih kontekstual, serta integrasi teknologi secara bertahap dalam proses
belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan pendekatan
yang adaptif dan kolaboratif, tantangan dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dapat diatasi, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di MIN 2
Surabaya. Temuan ini diharapkan
dapat memberikan kontribusibagi perbaikanpraktik pembelajaran di
sekolah-sekolah serupa.
Keywords: Pendidikan
Agama Islam, Tantangan Pembelajaran, Wawancara, MIN 2 Surabaya.
Sumber publikasi Jurnal Ansirurai, Vol 8, No.1
(2024)
Komentar
Posting Komentar