TANTANGAN DAN STRATEGI MENGATASI PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 2 SURABAYA

 

TANTANGAN DAN STRATEGI MENGATASI PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 2 SURABAYA

Laela Nur Afifah

Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi

 

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan serta strategi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Surabaya. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode utama berupa wawancara mendalam. Sampel penelitian terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, variasi latar belakang siswa, dan kurangnya dukungan teknologi dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi tantangan ini, beberapa strategi yang telah diimplementasikan antara lain peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan rutin, pengembangan materi pembelajaran yang lebih kontekstual, serta integrasi teknologi secara bertahap dalam proses belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan pendekatan yang adaptif dan kolaboratif, tantangan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat diatasi, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di MIN 2 Surabaya. Temuan ini diharapkan  dapat  memberikan  kontribusibagi  perbaikanpraktik pembelajaran di sekolah-sekolah serupa.

 

Keywords: Pendidikan Agama Islam, Tantangan Pembelajaran, Wawancara, MIN 2 Surabaya.

 

 

 

Sumber publikasi Jurnal Ansirurai, Vol 8, No.1 (2024)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren