Efektivitas Kebijakan Penangkalan Ideologi Transnasional: Pendidikan Pancasila pada Sekolah Menengah Atas
Efektivitas Kebijakan Penangkalan
Ideologi Transnasional: Pendidikan Pancasila pada Sekolah Menengah Atas
Jimmy Usfunan
Faculty of Law, Udayana University, Indonesia
Yohanes Usfunan
Faculty of Law, Udayana University, Indonesia &
Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Prof. Dr. Yohanes Usfunan
Putu Rasmadi Arsha Putra
Faculty of Law, Udayana University, Indonesia
Bagus Hermanto
Faculty of Law, Udayana University, Indonesia &
Basic Principles of Administrative Law, Yamaguchi University, Japan
ABSTRAK
Krisis multi dimensi
dan perkembangan global yang cepat memicu disrupsi pada seluruh generasi,
termasuk tingkah laku menyimpang yang terjadi dewasa ini, sehingga Pendidikan
Pancasila dibutuhkan secara integratif dalam pendidikan nasional. Penelitian
ini ingin mengkaji, menganalisa, dan mengukur kebijakan pemerintah terkait dengan
Pendidikan Pancasila pada Sekolah Menengah Atas, bentuk pembelajarannya dalam
menangkal ideologi transnasional, dan urgensi serta efektivitas Pendidikan
Pancasila diajarkan pada Sekolah Menengah Atas di Bali. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian normatif-empiris dengan pendekatan
perundang-undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan analisis konsep hukum.
Ketiga pendekatan ini untuk mendukung telaah sumber bahan hukum pada metode
studi dokumen, juga dibantu dengan data penunjang melalui observasi dan
wawancara pada lembaga terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kebijakan pemerintah terkait Pendidikan Pancasila harus dari dini dikenalkan
dan diajarkan termasuk pada tingkatan Sekolah Menengah Atas untuk mewujudkan
pendidikan integratif moral ketuhanan dan kemanusiaan. Pembelajaran pendidikan
Pancasila pada Sekolah Menengah Atas dalam menangkal ideologi transnasional
bagi pemuda dengan internalisasi Pancasila melalui pendidikan sebagai instrumen
antisipatif dan preventif. Pendidikan Pancasila telah efektif diajarkan dalam
pendidikan sekolah menengah atas di Provinsi Bali serta memiliki urgensi untuk
dilakukan sesuai dengan tujuan pendidikan yang integratif dengan pembentukan
karakter siswa.
Kata kunci: Ideologi
Transnasional; Efektivitas Kebijakan; Pendidikan Pancasila; Siswa Sekolah
Menengah Atas; Urgensi
Sumber publikasi Jurnal Keindonesiaan, Vol. 4 No. 1
(2024)
Komentar
Posting Komentar