PERSEPSI RISIKO, FINANCIAL SELF-EFFICACY DAN MINAT INVESTASI EMAS PADA GENERASI Z

 

PERSEPSI RISIKO, FINANCIAL SELF-EFFICACY DAN MINAT INVESTASI EMAS PADA GENERASI Z

 

Irni Rahmayani Johan

Shafa Ariella Azariani

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor

 

Abstrak

 

Emas merupakan produk investasi berisiko rendah, tetapi keputusan untuk berinvestasi emas dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti persepsi risiko dan financial self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik responden, persepsi risiko, financial self-efficacy, dan minat investasi emas pada Generasi Z di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain eksplanatori, penelitian ini melibatkan 188 responden berusia 17–26 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko memiliki pengaruh negatif terhadap minat investasi emas, sedangkan jumlah tanggungan dan usia berpengaruh positif. Selaini tu, analisis regresi mengungkap bahwa usia dan jumlah tanggungan secara signifikan meningkatkan minat investasi emas. Secara teoritis, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang faktor psikologis yang memengaruhi keputusan investasi, khususnya pada Generasi Z. Secara praktis, temuan ini memberikan wawasan penting bagi lembaga keuangan untuk lebih fokus mengurangi persepsi risiko yang dapat menjadi penghalang minat investasi. Program edukasi yang meningkatkan pemahaman masyarakat tentang risiko dan potensi keuntungan investasi emas dapat membantu mendorong partisipasi Generasi Z dalam investasi emas. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi pengaruh variabel eksternal, seperti budaya, sosialisasi keuangan keluarga, dan pengaruh media terhadap keputusan investasi Generasi Z, sehingga dapat memperkaya pemahaman mengenai faktor-faktor yang membentuk perilaku investasi dikalangan generasi muda.

 

Kata kunci: efikasi diri keuangan, generasi Z, investasi emas, minat investasi, persepsi risiko

 

Sumber publikasi Vol. 18 No. 1 (2025): JURNAL ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN 18.1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren