Pengaruh Promosi, Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Pada Pengguna Shopee Paylater Terhadap Keputusan Pembelian

Pengaruh Promosi, Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Pada Pengguna Shopee Paylater Terhadap Keputusan Pembelian

 

Ardhy Kristanto

Nurchayati

Heru Eko Prasetyo

Camilus Isidorus Ikut

Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

 

Abstrak

 

Perkembangan aplikasi digital yang semakin canggih telah menghadirkan fenomena baru dalam pola konsumsi masyarakat, khususnya dengan hadirnya layanan seperti kredit digital. Kemudahan akses kredit digital ini telah merambah berbagai lapisan masyarakat, tidak terbatas pada golongan tertentu saja. Urgensi dari penelitian ini adalah pentingnya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengadopsi dan menggunakan layanan kredit digital, khususnya Shopee Paylater. Di era digital saat ini, kemudahan akses dan penggunaan aplikasi telah mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk dalam hal pembiayaan dan kredit. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak dari upaya promosi kemudahan proses transaksi, serta tingkat kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi yang menjadi subjek penelitian ini mencakup seluruh elemen masyarakat, di Kecamatan Cluwak pada tahun 2023 yang menggunakan Shopee Paylater. Adapun jumlah subjek yang menjadi sampel dalam studi ini adalah sebanyak 100 orang, didasarkan pada pengguna berusia 18 tahun dan menggunakan layanan Shopee Paylater. Dalam melakukan analisis, metode regresi linear berganda yang digunakan menunjukkan bahwa promosi, kemudahan transaksi, dan tingkat kepercayaan secara terpisah memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap Keputusan pembelian konsumen. Hasil uji signifikansi mengindikasikan bahwa semakin gencar aktivitas promosi, semakin mudah transaksi yang dapat dilakukan dan semakin tinggi kepercayaan pengguna maka akan meningkatkan determinasi konsumen dalam melakukan pembelian. Implikasi dari hasil kajian ini adalah pentingnya memperhatikan dan meningkatkan aktivitas promosi, kemudahan bertransaksi, serta tingkat kepercayaan, guna mendorong determinasi pembelian konsumen, terutama melalui fasilitas Shopee Paylater.

 

Kata Kunci: Paylater, Keputusan Pembelian, Promosi, Kemudahan Transaksi, Kepercayaan

 

Sumber publikasi Vol 8 No 1 (2025): Artikel Riset Januari 2025

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren