Pengaruh Promosi, Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Pada Pengguna Shopee Paylater Terhadap Keputusan Pembelian
Pengaruh Promosi,
Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Pada Pengguna Shopee Paylater Terhadap
Keputusan Pembelian
Ardhy Kristanto
Nurchayati
Heru Eko Prasetyo
Camilus Isidorus Ikut
Universitas 17 Agustus 1945
Semarang
Abstrak
Perkembangan aplikasi digital yang semakin canggih telah
menghadirkan fenomena baru dalam pola konsumsi masyarakat, khususnya dengan hadirnya
layanan seperti kredit digital. Kemudahan akses kredit digital ini telah
merambah berbagai lapisan masyarakat, tidak terbatas pada golongan tertentu
saja. Urgensi dari penelitian ini adalah pentingnya memahami faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengadopsi dan menggunakan layanan kredit digital,
khususnya Shopee Paylater. Di era digital saat ini, kemudahan akses dan penggunaan
aplikasi telah mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk dalam hal pembiayaan
dan kredit. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak dari upaya promosi
kemudahan proses transaksi, serta tingkat kepercayaan terhadap keputusan
pembelian konsumen. Populasi yang menjadi subjek penelitian ini mencakup seluruh
elemen masyarakat, di Kecamatan Cluwak pada tahun 2023 yang menggunakan Shopee
Paylater. Adapun jumlah subjek yang menjadi sampel dalam studi ini adalah sebanyak
100 orang, didasarkan pada pengguna berusia 18 tahun dan menggunakan layanan
Shopee Paylater. Dalam melakukan analisis, metode regresi linear berganda yang digunakan
menunjukkan bahwa promosi, kemudahan transaksi, dan tingkat kepercayaan secara terpisah
memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap Keputusan pembelian konsumen.
Hasil uji signifikansi mengindikasikan bahwa semakin gencar aktivitas promosi, semakin
mudah transaksi yang dapat dilakukan dan semakin tinggi kepercayaan pengguna maka
akan meningkatkan determinasi konsumen dalam melakukan pembelian. Implikasi
dari hasil kajian ini adalah pentingnya memperhatikan dan meningkatkan
aktivitas promosi, kemudahan bertransaksi, serta tingkat kepercayaan, guna
mendorong determinasi pembelian konsumen, terutama melalui fasilitas Shopee
Paylater.
Kata Kunci: Paylater, Keputusan Pembelian, Promosi,
Kemudahan Transaksi, Kepercayaan
Sumber publikasi Vol 8 No 1 (2025): Artikel Riset Januari 2025
Komentar
Posting Komentar