Pengaruh Literasi Bisnis Digital Terhadap Intensi Berwirausaha Generasi Z Melalui Moderasi Financial Technology
Pengaruh Literasi Bisnis Digital
Terhadap Intensi Berwirausaha Generasi Z Melalui Moderasi Financial Technology
Reni Hariyani
Tio Prasetio
Universitas Budi Luhur
Abstrak
Percepatan teknologi keuangan memberikan banyak
perubahan pada transaksi bisnis bidang ekonomi di Indonesia. Kondisi ini
diikuti dengan banyaknya pemutusan hubungan kerja karyawan di perusahaan. Salah
satunya membuat generasi Z harus dapat beradaptasi dengan dunia wirausaha dan
meningkatkan kemampuan literasi bisnis yang baik. Penelitian ini bertujuan
yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh literasi bisnis digital terhadap intensi
niat berwirausaha generasi Z serta untuk mengetahui peran moderasi financial technology
pada pengaruh literasi bisnis digital terhadap intensi niat berwirausaha
generasi Z. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan
distribusi kuesioner secara online. Teknik perhitungan jumlah sampel memakai
rumus metode slovin dengan jumlah sampel yaitu 400 responden generasi Z wilayah
Provinsi Jakarta. Hasil penelitian membuktikan bahwa literasi bisnis digital
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi niat berwirausaha
generasi Z wilayah provinsi Jakarta. Selain itu hasil riset menunjukkan bahwa
financial technology memoderasi pengaruh literasi bisnis digital terhadap
intensi niat berwirausaha generasi Z wilayah provinsi Jakarta. Implikasi hasil
penelitian ini dapat meningkatkan jumlah entrepreneur sukses yang berasal dari
generasi Z di Indonesia dengan meningkatkan literasi bisnis digital dan
penggunaan financial technology yang tepat guna.
Kata Kunci: Literasi Bisnis Digital, Intensi
Berwirausaha, Generasi Z, Financial Technology
Sumber publikasi Perspektif: Jurnal
Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika Vol 23, No 1 (2025)
Komentar
Posting Komentar