PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA: ANALISIS KUANTITATIF PADA SISWA FASE-E

 

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA: ANALISIS KUANTITATIF PADA SISWA FASE-E

 

Deny Hadi Siswanto

Yusie Kristiawan

Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Ahmad Dahlan

Chairun Nisa Zarkasyi

Guru Matematika, SMA N 1 Gamping

 

ABSTRACT

 

Media sosial sering digunakan untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan mengisi waktu luang. Penggunaannya dapat memengaruhi prestasi belajar siswa, dengan dampak yang bervariasi tergantung pada konteks dan metode penelitian. Tujuan penelitian ini adlah untuk melakukan analisis yang mendalam terkait pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa pada fase-E di SMA Negeri 1 Gamping. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini melibatkan 30 siswa yang dipilih sebagai sampel untuk mewakili populasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional guna mengungkap hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan hasil belajar matematika siswa secara lebih terperinci dan objektif, hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa, dengan nilai thitung > ttabel (21,771 > 2,048) dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

 

Keywords: Analisis, Media Sosial, Prestasi Belajar, SMA

 

Sumber publikasi Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR) Vol. 4 No. 1 (2025): Volume 4 Nomor 1 Maret 2025

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren