PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA: ANALISIS KUANTITATIF PADA SISWA FASE-E
PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA: ANALISIS KUANTITATIF PADA SISWA FASE-E
Deny Hadi Siswanto
Yusie Kristiawan
Program Studi Magister Pendidikan
Matematika, Universitas Ahmad Dahlan
Chairun Nisa Zarkasyi
Guru Matematika, SMA N 1 Gamping
ABSTRACT
Media sosial sering digunakan untuk berkomunikasi,
berbagi informasi, dan mengisi waktu luang. Penggunaannya dapat memengaruhi
prestasi belajar siswa, dengan dampak yang bervariasi tergantung pada konteks
dan metode penelitian. Tujuan penelitian ini adlah untuk melakukan analisis
yang mendalam terkait pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi
belajar matematika siswa pada fase-E di SMA Negeri 1 Gamping. Dalam
pelaksanaannya, penelitian ini melibatkan 30 siswa yang dipilih sebagai sampel
untuk mewakili populasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode korelasional guna mengungkap hubungan antara intensitas
penggunaan media sosial dengan hasil belajar matematika siswa secara lebih
terperinci dan objektif, hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang
signifikan antara penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa, dengan
nilai thitung > ttabel (21,771 > 2,048) dan nilai sig. 0,000 < 0,05.
Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa.
Keywords: Analisis, Media Sosial, Prestasi Belajar,
SMA
Sumber publikasi Papanda Journal of
Mathematics and Sciences Research (PJMSR) Vol. 4 No.
1 (2025): Volume 4 Nomor 1 Maret 2025
Komentar
Posting Komentar