Pengaruh, Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Pada Kedai D’fresto Di Kota Bengkayang
Pengaruh, Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap
Minat Beli Ulang Pada Kedai D’fresto Di Kota Bengkayang
Yohanes Felik
Blasius Manggu
Institut Shanti Bhuana Bengkayang
Abstrak
Industri kuliner di Indonesia terus mengalami
pertumbuhan yang positif dan menjadi salah satu sektor andalan dalam ekonomi
kreatif nasional, kota Bengkayang, sebagai wilayah dengan kekayaan budaya lokal
dan pertumbuhan UMKM yang pesat, memiliki potensi besar dalam pengembangan
sektor kuliner. Salah satu pelaku usaha di bidang ini adalah Kedai D’Fresto,
yang merupakan jaringan waralaba kuliner ayam goreng krispi. Namun, di tengah
persaingan yang semakin ketat, D’Fresto menghadapi tantangan dalam
mempertahankan minat beli ulang konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, harga, dan
kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen pada Kedai D’Fresto di Kota
Bengkayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
survei kepada 150 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear
berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan promosi, harga, dan kualitas
produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang dengan nilai F hitung
sebesar 99,444 dan signifikansi < 0,001. Secara parsial, variabel harga dan
kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, masing-masing
dengan nilai signifikansi sebesar 0,015 dan < 0,001. Sementara itu, variabel
promosi tidak berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,232.
Di antara ketiga variabel, kualitas produk memiliki pengaruh paling dominan
terhadap minat beli ulang. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam
pengembangan ilmu pemasaran, khususnya terkait perilaku konsumen di sektor
kuliner. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan strategis
bagi pengelola D’Fresto dalam meningkatkan loyalitas pelanggan melalui
perbaikan kualitas produk dan strategi harga yang tepat sasaran.
Kata Kunci: Promosi, Harga, Kualitas Produk, Minat
Beli Ulang, Kuliner, D’Fresto
Sumber publikasi Journal of Artificial
Intelligence and Digital Business (RIGGS) V. 4 No. 2 (2025): Mei-Juli
Komentar
Posting Komentar