Analisis Pemasaran Sapi di Kabupaten Batubara

 

Analisis Pemasaran Sapi di Kabupaten Batubara

Fahrizal Irham1), Hasnudi2), Rasmulia Sembiring3), Tumpal H.S. Siregar4)

1) Program Studi Magister Agribisnis, Pascasarjana, Universitas Medan Area

2) Departemen Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

3)Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Methodist, Indonesia

4) Magister Agribisnis, Pascasarjana, Universitas Medan Area, Indonesia

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran, tingkat bagian peternak, efisiensi pemasaran dan strategi pemasaran sapi di Kabupaten Batubara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juni 2017. Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling dan dilakukan di 3 (tiga) kecamatan yaitu Kecamatan Lima Puluh, Sei Suka, dan Medang Deras. Responden penelitian diambil secara classified random sampling yaitu sebanyak 85 orang peternak sapi, dan sampel pedagang dipilih secara snowball ball sampling yaitu sebanyak 11 orang pedagang pengumpul lokal dan 2 orang pedagang besar. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 saluran yang terbentuk dari lembaga pemasaran yaitu saluran pemasaran I (peternak–agen pengumpul lokal–pedagang besar-jagal), saluran pemasaran II (peternak – agen pengumpul lokal-konsumen), saluran pemasaran III (peternak–agen pengumpul lokal-pedagang luar daerah) dan saluran pemasaran IV (peternak–konsumen/jagal). Margin pemasaran tertinggi terdapat pada saluran I dan yang paling rendah terdapat pada saluran pemasaran IV. Bagian yang diterima peternak tertinggi terjadi pada saluran pemasaran IV sebesar 100% dan yang paling rendah terjadi pada saluran pemasaran I. Saluran pemasaran IV merupakan saluran yang paling efisien dilihat dari hasil penghitungan indeks efisiensi.

Kata kunci: Saluran pemasaran, Margin pemasaran, Bagian Peternak, Efisiensi Pemasaran.

 

Sumber:

Jurnal Ilmiah Magister Agribisnis, 1 (2) 2019: 120-128,

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren