Analisis Deskriptif Pada Strategi Promosi Agar Mahasiswa Baru Meningkat

 

Analisis Deskriptif Pada Strategi Promosi Agar Mahasiswa Baru Meningkat

Nurul Fadilah1, Eko Sediyono2, Irwan Sembiring3

1,2,3JurusanSistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

1,2,3Jl. Diponegoro No.52-60, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah

 

Abstrak

STMIK  Tegal  merupakan  perguruan  tinggi  swasta yang  didirikan  pada  tahun  2013  dan  berlokasi  di  Kota  Tegal. Mahasiswa  STMIK  Tegal  tidak  hanya  berasal  dari  kota  tegal saja,   tetapi   berasal   dari   daerah-daerah   luar.   STMIK   tegal mempunyai    Bagian    tersendiri    dalam    menangani    proses penerimaan mahasiswa baru yaitu bagian PMB. Selain melayani penerimaan  mahasiswa  baru,  bagian  PMB  juga  memasarkan STMIK  Tegal  supaya  mendapatkan  banyak  mahasiswa  baru. Berbagai strategi pemasaran yang dilakukan  bagian PMB yaitu dengandirect  marketing,  social  network,  world  of  mouth  dan advertising.  Oleh  karena  itu  diperlukan  analisis  data  untuk mendapatkan    informasi-informasi    yang    bermanfaat    dalam membantu  strategi  promosi  penerimaan  mahasiswa  baru  pada tahun  berikutnya.  jenis  strategi  promosi  yang  diterapkan  di STMIK  tegal  ada  4  yaitu  Direct  marketing,  Sosial  Network, World   of   Mouth,   dan   Advertising.   Untuk   pengujian   minat mahasiswa  baru  sebagai  upaya  peningkatan  jumlah  mahasiswa baru  maka  dibuatlah  analisis  deskriptif,  uji  instrument dan asumsi  klasik,  untuk  mengetahui  jenis  promosi  mamna  yang menarik  minat  mahasiswa  baru  pada  tahun  2022  dan  akan diterapkan     intensitasnya     untuk     tahun-tahun     berikutnya. Dengan    menggunakan    data    kuisioner    diperoleh    sample responden  sebanyak  58  orang  dari  populasi  jumlah  mahasiswa baru   tahun   2022   sebanyak   90   orang.   Berdasarkan   analisis deskriptif  strategi  promosi  yang  merarik  minat  mahasiswa  ada pada  Sosial  Network.  Pada  uji  instrumen  diperoleh  variabel-variabel pada kuisioner dinyatakan valid dengan nilai  distribusi statistik 0,266 dan reabilitas dengan nilai 0,817. Pada uji asumsi klasik diperoleh kesimpulan variabel-variable kuisioner tersebut terdistribusi  normal, serta bebas dari multikorelisitas dan tidak terjadi  heterokedasitisitas.  Pada  hasil  wawancara  dengan  para informan   dalam   hal   ini   bagian   PMB   STMIK   Tegal   akan dilakukan   upaya   strategi   promosi   lainnya   dalam   mambatu meningkatkan  mahasiswa  baru  yaitu  meningkatkan  akreditasi, meningkatkan  kualitas  melalui  sistem  informasi,  membangun identitas  dari  universitas  (branding),  mempunyai  pusat  career (BKK),     meningkatkan     jumlah     penerima     beasiswa     dan meningkatkan   keikutsertaan   kampus   pada   acara   webinar tingkat nasional maupun internasional.

Kata  kunci:  Strategi  Promosi,  Analisis  deskriptif,  uji  instrument, uji asumsi klasik

 

Sumber:

Jurnal BATIRSI, Vol.6, No.2, Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren