Analisis Pemasaran Lebah Madu Klanceng (Trigona sp.) di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung pada Masa Pandemi Covid-19

 

Analisis Pemasaran Lebah Madu Klanceng (Trigona sp.) di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung pada Masa Pandemi Covid-19

Nastiti Winahyu, Fajar Amirudin, Imazunita Nur Azizah

Universitas Islam Kadiri

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran komoditas lebah madu klanceng (Trigona sp.) di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Penentuan responden dipilih menggunakan metode purposive sampling (32 peternak anggota kelompok tani hutan), snowball sampling (2 pedagang pengecer) dan accidental sampling (3 konsumen). Analisis data mencakup analisis margin, producer’s share, dan rasio efisiensi keuntungan terhadap biaya pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 2 pola saluran pemasaran. Pola saluran I produk madu : peternak – konsumen. Pola saluran II produk madu: produsen – pedagang pengecer – konsumen. Hasil analisis menunjukkan pemasaran langsung lebih efisien. Saluran Pola I memperoleh producer’s share dan rasio efisiensi keuntungan terhadap biaya yang lebih tinggi sebesar 100 persen dan 26,63 dibanding Pola II sebesar 90 persen dan 18.01.

Kata Kunci : efisiensi, klanceng, marjin, producer’s share, saluran pemasaran


Sumber:

Jurnal Agribest Volume 5 Nomor 1 (2021) Hal: 25-33

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren