Analisis Pasar Segmentation, Targeting, Positioning, dan Marketing Mix 4P Minuman Kopi UD. XYZ
Analisis
Pasar Segmentation, Targeting, Positioning, dan Marketing Mix 4P Minuman Kopi
UD. XYZ
Pujianto
Nur Romadhon1, Akhmad Wasiur Rizqi2, Hidayat3
1.2.3)
Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Gresik
Jl.
Sumatera No.101, Gn. Malang, Randuagung, Kec. Kebomas, Kab. Gresik, Jawa Timur
61121
ABSTRAK
UD. XYZ merupakan usaha kedai kopi yang terletak di
wilayah Gresik. Usaha ini sangat diminati oleh banyak semua kalangan
dalam mempererat tali persaudaraan.
Seiring berjalannya waktu,
UD. XYZmemiliki permasalahan dalam
melakukan perluasan pemasaran
dan adanya banyak
pesaing. Oleh karena itu,
UD. XYZ harus berfokus pada penerapan strategi STP dan marketing mix 4P.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan
penyebaran kuisioner kepada
konsumen UD. XYZsebanyak 30
responden. Berdasarkan
penelitian, didapatkan bahwa seluruh data yang diolah melalui sofware SPSS
menunjukkan data valid dan realibel. Sehingga UD.XYZharus berfokus pada
segmentingberdasarkan 7 kriteriadasar. Untuk targetingadalah para konsumen
penikmat kopi dan suka berkumpul di kedai kopi. Untuk positioningadalah
memasarkan produk kopi dengan cita rasa yang unik dan khas. Serta untuk
marketing mix4P dapat dipadukan dengan strategi STP dalam hal aktivitas
kegiatan pemasaran produk dan sebagai alternatif perbaikan untuk meningkatkan
penjualan produkserta kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Usaha Kedai Kopi, Manajemen Pemasaran,
Perilaku Konsumen, Strategi STP, Strategi Marketing Mix(4P), Kepuasan Pelanggan
Sumber:
Jurnal Teknik Industri
Vol. 9, No. 1, 2023
Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik
Industri
Komentar
Posting Komentar