ANALISIS GENDER TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA

 

ANALISIS GENDER TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA

SitiImro’ah1, Widodo Winarso2, Edi Prio Baskoro3

1IAIN Syekh Nurjati Cirebon

2IAIN Syekh Nurjati Cirebon

3IAIN Syekh Nurjati Cirebon

 

ABSTRAK

Siswa laki-laki maupun perempuan cenderung mengalami kecemasan ketika belajar matematika. Kecemasan matematika dapat diatasi oleh setiap siswa bergantung pada self-efficacy yang dimiliki siswa. Tingkat kecemasan matematika dan  kemampuan self-efficacydiasumsikan  memiliki  kecenderungan yang  berbeda  jika  dilihat  dari  perspektif  gender.  Sehingga penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis kecemasanmatematikadan self-efficacy berdasarkan  perbedaan  jenis  kelamin(gender).  Metode  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  kuantitatif  dengan  desain  penelitian kausal  komparatif. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  SMP, dengan  teknik Cluster  Samplingdiperoleh  38  siswa sebagai  sampel  penelitian.  Instrumen  yang  digunakan  adalah  kuesioner.  dengan  teknik  analisis  data menggunakan independent  sample  t-test.  Berdasarkan  hasil  penelitian, memiliki  kecenderungan  kecil pada cemasan matematika antara siswa laki-laki dan perempuan. dimana siswa perempuan lebih cemas jika dibandingkan dengan siswa laki-laki. Sedangkan pada self-efficacy siswa tidak ada perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan. 

Kata Kunci: gender, kecemasan matematika, self-efficacy

 

Sumber:

KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika

Volume 4, No. 1, April 2019, hal. 23-36

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Onlinedi Masa Pandemi

GAMBARAN BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDONGSARI KABUPATEN JEMBER

Analisis Pengaruh Pariwisata Budaya Terhadap Pelestarian Suku Osing di Desa Wisata Kemiren